Tips Makanan Sehat untuk Bayi, Ibu Tak Perlu Khawatir Lagi Asupan Nutrisi Anak

Reporter : Arifina
Rabu, 30 Agustus 2023 18:37
Tips Makanan Sehat untuk Bayi, Ibu Tak Perlu Khawatir Lagi Asupan Nutrisi Anak
Memberikan makanan sehat untuk bayi penting untuk memenuhi nutrisi bagi anak.

Makanan sehat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Hal ini karena bayi membutuhkan berbagai nutrisi untuk mendukung fungsi tubuh, pertumbuhan tulang dan gigi, serta perkembangan otak.

Saat bayi sudah mulai MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu), perlu kiranya bagi ibu untuk menyiapkan asupan makanan yang bergizi dan menyehatkan. Pemberian makanan sehat pada bayi penting untuk kebiasaan di masa depan dan memperbanyak nutrisi dalam tubuh.

1 dari 9 halaman

Tips Makanan Sehat untuk Bayi © Diadona

Kebiasaan makan-makanan sehat sejak dini akan terekam oleh bayi hingga dewasa. Karena itu, memperkenalkan makanan sehat pada bayi sejak mulai MPASI di usia 6 bulan perlu diterapkan.

Nah, buat para ibu yang tengah mencari referensi tips makanan sehat untuk bayi, coba simak yang diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber berikut yuk!

2 dari 9 halaman

1. Mulailah dengan MPASI yang Tepat

MPASI adalah makanan padat pertama yang diberikan kepada bayi. MPASI yang tepat dan sehat harus mengandung berbagai nutrisi, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Untuk bayi usia 6-8 bulan, kamu bisa memulai dengan bubur yang terbuat dari beras merah, oatmeal, atau jagung. Bubur ini bisa dicampur dengan buah-buahan atau sayuran yang dihaluskan.

Sedangkan untuk bayi usia 9-12 bulan, kamu bisa mulai memberikan makanan dengan tekstur yang lebih kasar, seperti nasi tim, puree sayur, atau finger food.

3 dari 9 halaman

2. Pilih Makanan Kaya Nutrisi

Tips Makanan Sehat untuk Bayi © Diadona

Pastikan makanan yang kamu berikan kaya akan nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, vitamin D, protein, dan serat. Tawarkan berbagai jenis makanan untuk memastikan bayi mendapatkan variasi nutrisi yang diperlukan.

Hal tersbeut untuk menunjang perkembangan otak, tulang, dan sistem imun yang sehat.

4 dari 9 halaman

3. Berikan berbagai Jenis Makanan

Memberi berbagai jenis makanan bukan berarti sembarangan ya. Tapi tetap harus dipastikan yang mengandung nutrisi baik.

Makanan dengan nutrisi lengkap dapat terpenuhi dengan menyajikan berbagai jenis makanan. Seperti, buagm sayur, ikan, daging, telur, susu, dan biji-bijian.

5 dari 9 halaman

4. Hindari makanan Tinggi Gula, Garam, dan Lemak

Tips Makanan Sehat untuk Bayi © Diadona

Membiasakan makan-makanan sehat sejak dini, maka kamu harus memperhatikan kandungan dalam makanan. Biasakan untuk menghindarkan bayi dari jenis-jenis makanan tinggi gula, garam dan lemak.

Terlalu banyak gula dan garam dapat membiasakan bayi pada rasa yang tidak sehat dan meningkatkan risiko masalah kesehatan di masa depan.

6 dari 9 halaman

5. Terapkan Tumpeng Gizi Seimbang (TGS)

Ini konsep bagi ibu-ibu yang tengah mencari cara agar asupan nutrisi bayi tercukupi. melalui Tumpeng Gizi Seimbang (TGS), maka dalam satu porsi makan bayi akan lengkap kebutuhannya.

TGS terdiri dari satu potongan besar karbohidrat, dua potongan sedang buah-buahan dan sayuran, dua potongan kecil protein hewani dan nabati, dan di puncak terdapat potongan terkecil gula, garam, dan minyak.

7 dari 9 halaman

6. Jangan Berikan Makanan yang Tidak Matang Sempurna

Tips Makanan Sehat untuk Bayi © Diadona

Ini juga salah satu jenis makanan yang harus diperhatikan. Untuk usia bayi, sebaiknya hindari memberi jenis makanan yang tidak matang sempurna.

Seperti,telur setengah matang, kerang-kerangan mentah, dan lainnya. Hal ini akan menyebabkan bayi rentan dengan penyakit karena belum bisa menalarnya.

8 dari 9 halaman

Contoh Makanan Sehat untuk Bayi

Makanan sehat untuk bayi ada berbagai macam, di antaranya sebagai berikut:

  • Bubur beras merah dengan puree pisang
  • Puree brokoli dengan nasi tim
  • Yoghurt dengan buah-buahan
  • Telur rebus
  • Kacang-kacangan
  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Daging
  • Ikan

Beri Komentar