12 Tips Badan Tetap Fit saat Puasa, Anti Lemas dan Dijamn Bugar Sepanjang Hari

Reporter : Arifina
Senin, 25 Maret 2024 10:17
12 Tips Badan Tetap Fit saat Puasa, Anti Lemas dan Dijamn Bugar Sepanjang Hari
Menjaga tubuh tetap fit saat puasa mudah banget lho!

Tips badan tetap fit saat puasa perlu diperhatikan agar selama bulan Ramadan tubuh tetap bugar. Menjaga tubuh agar tetap bugar selama berpuasa memang seakan menjadi tantangan tersendiri.

Selama berpuasa, umat Muslim tidak mengonsumsi makanan dan minuman selama berjam-jam. Jika kekurangan asupan makanan dan cairan bukan tidak mungkin tubuh menjadi lemas dan kurang bertenaga.

Karena itu penting untuk menjaga tubuh tetap fit saat berpuasa. Cara itu bisa dilakukan dengan menetapkan pola makan dan gaya hidup sehat selama bulan Ramadan.

 

1 dari 13 halaman

Tips Badan Tetap Fit saat Puasa © Diadona

Bukan hanya sekedar memperhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh. Namun, kamu juga harus membentuk pola hidup lainnya mulai dari jam tidur, hingga aktivitas harian agar tetap fit selama Ramadan.

Tubuh yang fit dan bugar akan menjadikan ibadah selama berpuasa lebih nyaman dan tanpa gangguan. Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips badan tetap fit saat puasa untuk bisa diterapkan!

2 dari 13 halaman

Pastikan Makan Sahur yang Bernutrisi

Sahur menjadi salah satu waktu untuk makan sebelum memulai puasa. Momen ini tidak boleh diabaikan ya.

Saat sahur, perhatikan makanan yang akan dimakan. Pilih jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, serta vitamin dan mineral.

Nah, kamu bisa memilih makanan seperti oatmeal, telur, roti gandum, buah-buahan, dan sayuran. Jenis-jenis makanan tersebut bisa memberikan energi untuk bertahan lebih lama dan menjaga kenyang selama berpuasa.

 

3 dari 13 halaman

Makan Secukupnya Saja

Terkadang sebagai seorang yang berpuasa menjadikan kalap saat jam berbuka. Hal ini tidak perlu dilakukan, sebab justru akan mengganggu pencernaan dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan terlalu banyak saat berbuka justru akan menjadikan perut kembung dan bergah. Begitupula saat sahur, sebaiknya makan seperlunya saja.

Makan sahur dan berbuka secukupnya akan menjadikan tubuh tetap fit selama puasa. Kamu bisa makan secara bertahap, awali berbuka dengan minum air putih dan kurma. Baru setelah salat Tarawih kamu bisa mulai makan besar.

 

4 dari 13 halaman

Hindari Makanan Berlemak dan Berat

Tips Badan Tetap Fit saat Puasa © Diadona

Mengonsumsi makanan yang berlemak dan berat dapat membuat perut terasa lebih kenyang. Namun, energi yang dihasilkan cenderung cepat habis dan membuat tubuh terasa lemas.

Karena itu, selama bulan puasa disarankan untuk menghindari makanan berlemak. Sebaiknya pilihlah makanan yang ringan dan mudah dicerna. Makanan tersebut terdapat pada salad, sup, hingga buah-buahan segar.

 

5 dari 13 halaman

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Konsumsilah makanan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka puasa. Pilihlah makanan yang kaya protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral.

Hindari makanan olahan, tinggi garam, gula, dan lemak tidak sehat. Karena hal ini justru akan membuat kamu cepat lapar dan haus.

Sebaiknya kamu mengkonsumsi aneka kacang-kacangan, biji-bijian utuh, sayuran dan buah segar selama berpuasa.

 

6 dari 13 halaman

Jaga Asupan Cairan

Penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi selama puasa. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup antara waktu berbuka dan sahur.

Dianjurkan untuk tetap minum 8 gelas air mineral setiap hari selama bulan puasa. Kamu dapat menerapkan pembagiannya, di 2 gelas saat berbuka, 4 gelas antara berbuka dan sahur, lalu 2 gelas saat sahur.

Jika asupan cairan dalam tubuh terjaga, maka menjalani puasa akan lebih nyaman dan anti lemas.

 

7 dari 13 halaman

Hindari Minuman Bersoda dan Kafein

Ilustrasi Kopi dan Cupcake © Diadona

Minuman bersoda dan kafein dapat menyebabkan dehidrasi. Kedua jenis minuman tersebut juga akan mudah membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat.

Karenanya tidak disarankan untuk meminumnya selama menjalankan ibadah puasa. Sebagai gantinya, pilihlah air putih atau minuman lain yang tidak mengandung kafein.

Cara ini untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa.

 

8 dari 13 halaman

Batasi Makanan dan Minuman Manis

Konsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dan membuat kamu merasa lemas. Makanan manis memang penting dikonsumsi saat berbuka untuk menormalkan kembali gula darah setelah seharian berpuasa.

Namun, tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan. Kamu harus tetap memperhatikan jumlah asupan gula harian yakni 50 gram per hari.

Daripada mengkonsumsi makanan manis berlebihan, gantu saja dengan jus tanpa gula. Kamu juga bisa memilih makanan dan minuman yang lebih sehat, seperti buah-buahan segar dan yogurt.

 

9 dari 13 halaman

Tetap Lakukan Olahraga

Meskipun sedang berpuasa, kamu tetap dianjurkan untuk berolahraga secara teratur. Berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Pilihlah olahraga ringan yang tidak terlalu menguras energi. Kamu bisa melakukan olahraga berjalan kaki, berenang, atau yoga.

Lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari, preferably di pagi hari sebelum berpuasa atau setelah berbuka puasa.

 

10 dari 13 halaman

Perhatikan Waktu Istirahat

Ilustrasi Tidur © Diadona

Tak hanya pemenuhan asupan bagi tubuh, namun pengaturan pola tidur juga hal penting selama berpuasa. Sebab, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup untuk memulihkan energi selama puasa.

Mengantuk selama berpuasa bukan karena tidak makan dan minum seharian. Namun, hal itu karena kamu tidak memiliki waktu tidur yang cukup.

Karena itu, pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup pada malam hari. Hindari begadang, sebab bisa membuat tubuh menjadi lelah dan kurang bertenaga.

 

11 dari 13 halaman

Makan Buah dengan Kandungan Air Tinggi

Tips lainnya agar tubuh tetap fit selama berpuasa adalah dengan memakan buah yang banyak mengandung air. Jenis buahan-buahan ini baik untuk menjaga hidrasi dan memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh.

Buah-buahan yang bisa dikonsumsi seperti semangka, melon, jeruk, pepaya, hingga pir yang bisa membantu menjaga kadar cairan tubuh. Kamu bisa mengkonsumsinya di jam berbuka dan sahur.

Selain mengandung air dan serat, buah-buahan tersebut juga memiliki kandungan vitamin C. Hal itu baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa.

 

12 dari 13 halaman

Hindari Konsumsi Makanan Berminyak

Makanan berminyak dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat kamu merasa mual. Memang, makanan seperti gorengan sangat menggoda untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Namun, makanan tersebut justru akan meningkatkan kenaikan koleterol dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan berminyak berlebih juga dapat menjadikan berat badan naik selama puasa, alhasil jika kamu sedang menjalani program diet itu akan sangat menganggu.

Sebaiknya pilihlah makanan yang diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus.

 

13 dari 13 halaman

Kelola Stres

Ilustrasi Bahagia Mengeluarkan Uang untuk Berlibur © Diadona

Stres dapat memengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik selama bulan puasa.

Lakukan aktivitas untuk membuat tubuhmu rileks dan tidaj banyak pikiran. Hal ini semata agar puasa kamu tetap nyaman dan tidak lemas.

Kamu dapat melakukan beberapa kegiatan seperti meditasi, yoga, atau mendengarkan musik.

Itulah tips badan tetap fit saat puasa yang bisa kamu terapkan selama bulan Ramadan ini. Dengan begitu, tubuh tetap segar dan bugar seharian deh! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar