Tips Minum Air 8 Gelas Sehari, Tubuh Tetap Terhidrasi dan Terhindar dari Penyakit

Reporter : Arifina
Selasa, 24 Oktober 2023 16:17
Tips Minum Air 8 Gelas Sehari, Tubuh Tetap Terhidrasi dan Terhindar dari Penyakit
Tahukah kalian bahwa tubuh manusia membutuhkan hidrasi yang cukup agar dapat berfungsi dengan optimal? Yuk simak tips berikut!

Tips minum air 8 gelas sehari harus kalian terapkan agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga. Air putih berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, seperti mengatur suhu tubuh, melancarkan pencernaan, dan membuang racun dari tubuh.

Tubuh manusia memerlukan cairan yang cukup setiap harinya. Dilansir dari p2ptm.kemkes.go.id, konsumsi air putih pada orang dewasa disarankan sekitar 2 liter perhari atau setidaknya 8 gelas perhari.

Namun, setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan berbagai faktor yang mempengaruhi seperti aktivitas fisik, kondisi lingkungan, dan kondisi fisik setiap orang yang berbeda.

1 dari 8 halaman

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi dan mengakibatkan tubuh tidak bisa berfungsi secara optimal. Hal ini terjadi karena air memiliki peran penting dalam sebagian besar proses biologis dalam tubuh manusia.

Jika tubuh kekurangan cairan, maka sistem dan organ dalam tubuh bisa mengalami gangguan. Nah, berikut diadona.id rangkumkan tips minum air 8 gelas sehari agar tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik. Yuk simak!

2 dari 8 halaman

Pastikan Air Minum selalu Tersedia

Supaya kamu bisa tetap konsisten minum air 8gelas sehari, pastikan bahwa stok air minum selalu tersedia, baik saat di rumah ataupun saat bepergian. Jika perlu, bawa botol minum portable saat pergi ke luar rumah agar memudahkan saat membutuhkan air.

Pastikan pula untuk menyetok air galon sendiri di rumah. Sebaiknya gunakanlah air galon yang baru, bukan yang isi ulang agar kebersihan air minum tetap terjamin kualitasnya.

3 dari 8 halaman

Buat Jadwal Waktu Minum Air

Aturlah jadwal untuk minum air sebanyak 8 kali agar jumlah minum kalian bisa teratur. Minum air secara teratur dapat membantu mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti pusing dan kelelahan.

Apabila mengalami dehidrasi, kinerja kognitif dapat menurun sehingga menyebabkan fokus dan konsentrasi ikut menurun pula. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut terjadi, minumlah air secara teratur dan cukup agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik dan menjaga kesehatan tubuh.

Kamu bisa membuat jadwal minum air saat bangun pagi, sebelum sarapan, saat beraktivitas, menjelang siang, saat makan siang, menjelang sore, saat makan malam, dan sebelum tidur. Gunakanlah aplikasi pengingat di HP untuk membantu mengatur jadwal minum air.

4 dari 8 halaman

Pilih Penggunaan Botol Minum Favorit

Tips Minum Air 8 Gelas Sehari © Diadona

Supaya semakin semangat untuk minum secara teratur 8 gelas sehari, gunakanlah botol minum dengan model dan warna yang kamu suka. Botol minum yang disukai biasanya dilengkapi dengan model-model yang menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi untuk minum air.

Sehinga, hal tersebut dapat memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan saat minum air. Selain itu, biasanya botol minum juga dilengkapi dengan tanda volume air, sehingga dapat memudahkan pemantauan seberapa banyak jumlah air yang telah diminum.

Dengan menggunakan botol minum yang disukai, kamu bisa lebih mudah untuk tetap menjaga konsistensi minum air secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh.

5 dari 8 halaman

Jangan Tunggu sampai Haus

Minum hanya saat haus justru memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan. Haus merupakan tanda awal terjadinya dehidrasi yang menyebabkan tubuh kehilangan cukup banyak cairan.

Kondisi haus dapat menyebabkan terjadinya penurunan kinerja fisik dan mental sehingga mengakibatkan produktivitas dan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Menunggu minum saat haus juga berkemungkinan untuk menyebabkan terjadinya gangguan elektrolit yang dapat mengakibatkan munculnya permasalahan kesehatan yang serius seperti masalah ginjal dan kelemahan otot.

Jadi, pastikan jangan haus untuk minum air ya! Minumlah air secara teratur agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan tidak mengalami dehidrasi.

6 dari 8 halaman

Hindari Konsumsi Minuman Manis atau Berkafein

Hindari terlalu sering mengonsumsi minuman manis atau berkafein, sebab hal tersebut dapat mengganggu jadwal minum air putih kamu. Minuman manis atau kafein justru menyebabkan dehidrasi, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan berbagai dampak negatif pada tubuh.

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya hindari konsumsi minuman manis atau kafein secara berlebihan. Boleh mengonsumsi akan tetapi tetap dalam jumlah yang bijak.

Sebaiknya perbanyak minum air putih secara teratur agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit.

7 dari 8 halaman

Perhatikan Warna Urine

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

Warna urine dapat menunjukkan tingkat hidrasi tubuh dan apakah jumlah air yang diminum sudah cukup atau masih kurang. Semakin kuning warna urine, maka kebutuhan air masih kurang.

Namun apabila warna urine terang dan bening, berarti kebutuhan air sudah cukup. Kamu bisa mendeteksi apakah asupan cairan dalam tubuhmu masih kurang dan cukup dengan selalu memperhatikan warna urine.

Kurang minum atau dehidrasi dapat menyebabkan terjadinya kesulitan buang air kecil sehingga urine yang dihasilkan jumlahnya sedikit dan berwarna lebih gelap dari biasanya. Hal ini tentunya sangatlah tidak nyaman.

8 dari 8 halaman

Selalu Monitor Jumlah Konsumsi Air

Memonitor atau memantau jumlah konsumsi air sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan cara ini kamu bisa mengetahui seberapa banyak air yang telah dikonsumsi, apakah masih kurang atau sudah cukup.

Minum air secara teratur 8 gelas sehari dapat membantu tubuh terhidrasi dengan baik dan menjaga kesehatan tubuh dari zat-zat beracun.

Itulah tadi beberapa tips minum air 8 gelas sehari yang bisa kamu terapkan. Selalu perhatikan jadwal meminum air putih agar tubuhmu tetap sehat dan tidak dehidrasi ya! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar