13 Manfaat Tidur Siang bagi Anak dan Kecantikan Menurut Islam

Reporter : Sofi
Sabtu, 18 Januari 2020 12:03
13 Manfaat Tidur Siang bagi Anak dan Kecantikan Menurut Islam
Sudah tahu belum, kalau tidur siang menyimpan banyak manfaat kesehatan dan kecantikan jika kamu melakukannya? Berikut adalah manfaat tidur siang yang harus kamu tahu.

Kebiasaan kita tidur tidak hanya terjadi di malam hari. Seringkali kita melakukan tidur siang selama 10 menit hingga 20 menit untuk mengembalikan energi kita. Kunci untuk tidur siang adalah membuat tidur singkat 10 hingga 20 menit sehingga kamu tidak masuk terlalu jauh ke dalam siklus tidur, yang sebenarnya dapat membuatmu merasa grogi dan lebih lelah daripada sebelumnya.

Tahukah kamu jika tidur siang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat tidur siang yang mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Tidur Siang bagi Anak

Ilustrasi TidurIlustrasi Tidur © 2020 https://rawpixel.com

Apakah kamu salah satu anak jika disuruh tidur siang akan memberi beribu alasan untuk tidak tidur siang ketika kecil? Orang tua kamu melakukannya bukan karena tidak beralasan. Karena manfaat tidur siang bagi anak baik untuk kesehatan anak itu sendiri.

Berikut adalah manfaat tidur siang bagi anak yang harus kamu tahu.

1. Mood lebih baik

Manfaat tidur siang bagi anak yang pertama adalah untuk mood anak yang lebih baik. Anak yang tidur cukup akan memiliki tubuh lebih fresh sehingga suasana hatinya baik. Jika anak kurang tidur, biasanya akan rewel dan bahkan bisa menyebabkan ia tantrum.

Jadi, jangan abaikan tidur siang untuk anak, karena mereka sangat membutuhkan waktu tidur ini untuk kesehatannya sendiri.

2. Menjaga kesehatan anak

Sebuah penelitian menemukan bahwa anak yang kurang tidur siang cenderung mengalami obesitas. Anak yang lelah namun tidak tidur siang akan mencoba mengalihkan rasa kantuknya dengan makan, inilah yang membuatnya terjebak kelebihan berat badan. Maka dari itu, manfaat tidur siang ini bisa untuk menjaga kesehatan anak.

3. Membuat anak belajar

Sebuah penelitian tentang anak preschool menemukan bahwa tidur siang membantu anak lebih baik dalam bermain game yang mengasah otak. Membuat anak lebih mudah menangkap infomasi di sekitarnya dan membuatnya mudah belajar.

2 dari 4 halaman

Apa Manfaat Tidur Siang

Ilustrasi TidurIlustrasi Tidur © 2020 https://rawpixel.com

Ketika kamu tidur siang selama 10 hingga 20 menit, kamu akan memasuki tahap pertama dan mungkin tahap kedua tidur. Itu cukup untuk menyegarkan kamu dan mendapatkan manfaat tidur siang. Berikut adalah manfaat tidur siang yang harus kamu ketahui.

1. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Manfaat tidur siang yang pertama yaitu mampu mencegah penyakit jantung. Jika kamu memaksakan bekerja sedangkan mata mengantuk, jantung akan berdetak lebih kencang. Selain itu, apablia kamu memaksakannya dengan meminum kopi atau minuman energi yang mengandung kafein, tentunya akan semakin berakibat buruk.

Lebih baik kamu beristirahat sejenak, walaupun hanya 20-40 menit setiap harinya. Kebiasaan itu akan mencegah kamu dari risiko penyakit jantung serta stroke.

2. Menghindari diabetes

Kurang tidur dapat membuatmu kelebihan hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol adalah hormon yang dilepaskan dalam tubuh ketika sedang stres. Kelebihan kortisol dapat meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, manfaat tidur siang ini adalah menghindarkanmu terserang diabetes.

Tidur pada siang hari akan mengurangi tingkat hormon pertumbuhan dan testosteron pada tubuh. Efek dari kelebihan hormon ini akan merusak dan dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung jika kamu kurang tidur.

3. Meningkatkan mood dan kreativitas

Menurut ilmuwan napologist University of California, Sara Mednick, tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya seperti tidur malam. Dalam tubuh kita terdapat neurotransmitter serotonin yang mengatur suasana hati, tidur, juga menghasilkan perasaan kepuasan dan kesejahteraan.

Namun, apabila tubuh mengalami stres, serotonin yang digunakan akan lebih tinggi, sementara produksinya berhenti. Akibatnya, kamu bisa menjadi cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, hingga mudah terganggu. Menurut Mednick, tidur siang menggenangi otak dengan serotonin, membalikkan efek tersebut dan menciptakan pandangan yang lebih positif. Karena itulah manfaat tidur siang sangat dianjurkan untuk meningkatkan mood dan kreativitas, serta menurunkan tingkat stres.

4. Meningkatkkan daya ingat otak

Manfaat tidur siang mampu meningkatkan daya ingat pada otak, hal ini sangat baik bagi orang lanjut usia (lansia). Semakin meningkatnya umur, biasanya daya ingat mereka cenderung menurun. Bagi anak-anak, tidur siang dapat meningkatkan kinerja otak dalam mengingat sesuatu. Hal ini penting bagi anak-anak, karena mereka belajar dan mungkin menghapal setiap pelajaran yang didapatkan selama di sekolah.

Sebuah penelitian dari Universitas Delaware dan Universitas Pennsylvania di Amerika Serikat menyatakan manfaat tidur siang dapat meningkatkan kepintaran seseorang.

3 dari 4 halaman

Manfaat Tidur Siang untuk Kecantikan

Ilustrasi TidurIlustrasi Tidur © 2020 https://rawpixel.com

Ternyata manfaat tidur siang ini juga bagus untuk kecantikan, lho! Berikut adalah manfaat tidur siang untuk kecantikan yang harus kamu tahu.

1. Penyembuhan jerawat

Selama tidur siang tubuhmu akan mengumpulkan energi lebih banyak. Ini sangat berguna untuk memerangi jerawat dan juga bekas luka. Sel-sel tubuh yang mati akan berganti dengan sel yang baru.

2. Menjaga berat badan

Manfaat tidur siang ternyata juga bisa untuk tubuh yang lebih langsing lho! Tidur siang selama 20-90 menit sebelum jam 4 sore ternyata dapat membantumu menurunkan berat badan secara signifikan. Kamu bisa tampak langsing tanpa harus mengeluarkan effort lebih.

3. Antipenuaan

Manfaat tidur siang juga akan mencegah terjadinya penuaan dini dan masalah kulit seperti keriput dan kerutan pada wajah. Ini akan mengontrol hormon stres dan akan membuat kulit tampak lebih awet muda. Kulit akan lebih elastis karena selama tidur siang kolagen akan dibentuk.

4. Keseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon merupakan alasan terbesar timbulnya berbagai masalah kecantikan. Beristirahat sebentar selama tidur siang akan membuat hormon lebih seimbang. Ini akan membantu mengurangi timbulnya jerawat dan juga pigmentasi kulit.

5. Memperbaiki kulit

Seluruh sel tubuh ternyata diperbaiki selama kita tidur. Ini juga membuat kulit senantiasa terlihat remaja dan awet muda. Semua sel mati pun akan diganti dengan sel baru selama proses tersebut.

4 dari 4 halaman

Manfaat Tidur Siang Menurut Islam

Ilustrasi TidurIlustrasi Tidur © 2020 https://rawpixel.com

Manfaat tidur siang memang sangatlah banyak dari segi kesehatan, maupun kecantikan. Ternyata, tidur siang ini adalah sunnah yang diajarkan dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebagaimana beliau memerintahkan kita untuk tidur siang dalam sabdanya:

" Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang." (HR. Abu Nu’aim)

Anjuran melakukan tidur siang ini, Rasullulah SAW lakukan mengikuti firman Allah SWT di dalam Al-Quran tentang keberkahan melakukan tidur di tengah hari.

" Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." (Ar-Ruum :23)

Begitu nikmat dan berkahnya melakukan tidur siang para sahabat Rasullulah SAW pun mengikuti dan mengamalkannya. Selain mendapat manfaat tubuh yang segar, tidur siang bisa menjauhkan kita dari godaan setan karena ketaatan kita kepada Allah SWT dan membiasakan diri meneladani sunnah Rasullulah SAW.

Apakah tidur siang ini adalah kegiatan yang sudah sering kamu lakukan? Berapa lama kamu biasa melakukan tidur siang? Kami ingin tahu cerita kalian, beri jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar