15 Cara Mengatasi Insomnia Akut secara Cepat dan Alami menurut Islam

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 23 Januari 2020 02:00
15 Cara Mengatasi Insomnia Akut secara Cepat dan Alami menurut Islam
Tak sepele, ada lebih dari dua juta kasus insomnia per tahun di Indonesia. Bagaimana cara mengatasinya?

Apakah kamu termasuk dalam orang-orang yang sulit tidur walaupun dalam kondisi capek banget? Atau sering banget di tengah malam, berbaring berjam-jam cuman ngeliatin jam dinding? Nah, kemungkinan kamu sedang terserang insomnia nih.

Meskipun sama saja dalam kondisi kurang tidur, insomnia ini beda lho dengan keadaan nggak bisa tidur karena menonton televisi, atau mengamati social media. Karena insomnia ini merupakan ketidakmampuan untuk tidur dan tidur di malam hati, yang akhirnya bikin tidur jadi terasa ngga nyenyak, bangun tanpa rasa segar dan badan sehat.

Setiap orang punya perbedaan jumlah jam tidur tergantung kondisi, makanya insomnia ditentukan oleh kualitas tidur, bukan berapa jam atau seberapa cepat kamu tertidur. Bahkan kalau misalnya kamu tidur selama delapan jam pun, tapi tetap merasa Lelah setelah bangun, ada kemungkinan kamu terkena insomnia.

1 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Insomnia Menurut Islam

Ilustrasi Tidur © Diadona

Nggak cuman pada aspek ritual, Islam juga memiliki jalan keluar dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya cara mengatsi insomnia:

Pertolongan Medis

Cara mengatasi insomnia pun ada dalam Islam, lho! Islam sangat menyarankan bagi seluruh umatnya untuk mencari pertolongan yang terbaik dalam rangka ikhtiar. Saat mengalami gangguan tidur yang diakibatkan karena fisik, cara mengatasi insomnia yang pertama kali dilakukan yakni didiagnosis oleh dokter yang ahli dalam bidang tersebut.

Di saat yang bersamaan, seseorang harus melengkapi cara mengatasi insomnia yang diderita dengan aspek penyembuhan spiritual.

Berdoa

Cara mengatasi insomnia menurut Islam bisa kamu dapatkan dari kisah berikut. Dikisahkan oleh Ibn al-Sunni, suatu ketika Zayd ibnu Thaabit berkata kepada Rasulullah tentang kesusahan tidur yang dia alami. Lalu Rasulullah memerintahkannya untuk membaca doa sebagai berikut :

“ Allaahumma ghaarat al-nnujum, wa hada'at al-`uyun wa anta hayyun qayyoom, laa ta'khudhuka sinatun wa laa nawm; ihdi laylee wa 'anim `aynee.

Yang artinya : “ Ya Allah, bintang-bintang muncul dan mataku tertutup, dan Engkaulah yang Maha Segalanya, Dzat yang menopang dan melindungi semuanya… Yang Maha Segalanya, berikan hamba ketenangan untuk malam saya dan biarkan mata ini tidur. Ya Allah, lepaskanlah dariku apa yang membuatku menderita.”

Maka bila menurut Islam, cara mengatasi insomnia dengan menerapkan doa tersebut di atas.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Insomnia Akut

ilustrasi tidak bisa tidur © Diadona

Banyak orang berpikir bahwa insomnia mengacu pada kondisi kurang tidur. Padahal kenyataannya, insomnia merupakan suatu masalah tidur dengan gejala berupa susah mengantuk, terbangun tanpa sebab di malam hari, bangun di pagi hari dan tidu tidak nyenyak. Berikut Cara Mengatasi insomnia yang bisa kamu coba:

Hindari Kafein

Pasti kamu sudah tahu kan kalau kafein bisa jadi musuh terbesar bagi kamu mencari cara mengatasi insomnia? Kafein bisa mengganggu proses tidur kamu karena bertindak sebagai penghambat reseptor adenosis. Adenosis sendiri merupakan zat dalam tubuh yang memicu kantuk kamu. Dengan penghambatan ini, kamu jadi nggak bisa merasakan kantuk.

Nggak cuman di kopi, kafein juga ada pada teh dan minuman bersoda. Cara mengatasi insomnia bisa kamu lakukan dengan mengganti konsumsi kafein dengan susu atau air putih.

Jangan Merokok

Kamu bisa berhenti merokok sebagai cara mengatasi insomnia. Nikotin merupakan stimulant yang dapat menyebabkan insomnia dan punya efek yang hampir serupa dengan kafein. Dalam laporan sebuah studi menyebut, orang yang merokok punya waktu tidur ringan lebih panjang dan waktu tidur dalam yang lebih sedikit. Artinya, meski telah lama tidur, perokok cenderung ada di fase nyenyak yang hanya sebentar saja.

Apabila kamu adalah seorang perokok, maka cara mengatasi insomnia yang bisa kamu lakukan yakni dengan berhenti merokok

Tulis Hal-Hal yang membuat kamu Khawatir

Kalau kamu adalah mereka yang susah tidur karena terlalu memikirkan bnayak hal, sebagai cara mengatasi insomnia, coba deh untuk mengeluarkan pikiran-pikiran tersebut lewat secarik kertas. Setelah menulisnya, mungkin kamu bakalan merasa lebih lega, tenang, atau bisa juga merasa bahwa apa yang kamu pikirkan sebenarnya tidak terlalu rumit.

Bangun dari Tempat Tidur

Saat kamu sudah ada di tempat tidur namun tak kunjung bisa tertidur, cobalah untuk bangun melakukan aktivitas lainnya, sebagai cara mengatasi insomnia. Lalu berbaring kembali ke tempat tidur saat kamu sudah merasa ngantuk lagi.

Hindari Tidur Siang

Meski tidur siang terkesan sebagai ide yang brilian untuk mengganti jam tidur yang kurang akibat insomnia, ini sebaiknya tidak kamu lakukan. Salah satu alasannya yakni untuk menetapkan dan mempertahankan pola tidur yang teratur.

Selain itu, penting untuk melatih tidur dengan isyarat seperti kondisi gelap, atau jam tertentu. Tidur siang juga dapat mempengaruhi kualitas tidur kamu di malam harinya.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Insomnia secara Alami

Ilustrasi Tidur © Diadona

Penggunaan obat tidur sebgai cara mengatasi insomnia memang bisa menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik, selama beberapa saat. Namun saat dikonsumsi secara tidak hati-hati dalam jangka panjang, maka akan berfek negatif pada tubuh. Berikut cara mengatasi insomnia secara alami yang bisa kamu lakukan, alih-alih mencoba obat tidur.

Tidak Makan dan Minum Sebelum Tidur

Makanan yang masuk ke saluran pencernaan sebelum tidur justru akan mengaktifkan sistem pencernaan dan membuat kamu melek. Memang sih ada kalanya kamu akan mengantuk sebelum tidur, tertidur dalam keadaan perut kenyang juga bukan solusi yang baik karena akan mengganggu system pencernaan.

Minum banyak air sebelum tidur bisa membuah kandung kemih penuh dan bikin kamu sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Yah, jadi nggak segera bsia tidur kan?

Rileks Sebelum Tidur

Cara mengatasi insomnia bisa dengan mencoba rileks sebelum waktunya tidur. Kamu bisa mendengarkan music, mandi air hangat atau melakukan yoga. Bila sempat, cari beberapa music yang me-nina bobok-kan.

Olahraga secara Teratur

Olahraga secara teratur bisa menjadi cara mengatasi insomnia, karena dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur. Berkebalikan, olahraga sebelum tidur malah bisa membuat efek stimulant dan justru bikin kamu makin melek. Kalau kamu ingin berolahraga sebagai cara mengatasi insomnia, coba untuk berolahraga setidaknya tiga jam sebelum waktu tidur.

Gunakan Tempat Tidur Hanya untuk Tidur

Sebisa mungkin hindari aktivitas lain di tempat tidur seperti membaca, mengerjakan tugas atau yang lainnya di atas tempat tidur kamu. Semua aktivitas ini dapat meningkatkan kesadaran kamu dan membuat kamu jadi lebih susah tertidur.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Insomnia dengan Cepat

5 Tips Perbaiki Waltu Tidur Jika Terasa Lelah © Diadona

Insomnia memang bikin tubuh terasa tidak nyaman, karena tidak bisa beristirahat dengan baik selagi tidur. Berikut cara mengatasi insomnia dengan cepat biar tubuh kamu kembali fit dan bugar.

Matikan Semua Layar Sebelum Tidur

Untuk cara mengatasi insomnia, matikan semua layar setidaknya satu jam sebelum tidur. Baik layer ponsel, layer televisi maupun layer computer. Selain bisa membuat focus kamu teralihkan dan batal tidur, layar elektronik memancarkan cahaya biru yang mengganggu produksi melatonin tubuh Anda dan memerangi kantuk

Hindari Aktivitas yang Bikin Tegang

Sebagai cara mengatasi insomnia, usahakan untuk menghindari aktiviast yang menegangankan sebelum tidur, misalnya melihat sosmed, berdiskusi besar, bertengkar dengan orang lain, atau melakukan pekerjaan yang menegangkan.

Waktu Tidur yang Teratur

Dengan bangun dan tidur di jam yang kurang lebih sama setiap hari, bisa membuat tubuh kamu seolah terprogram dengan sendirinya. Hasilnya, bahkan tanpa alarm maupun usaha berlebih untuk tidur, tubuh akan bangun dan tidur di jam yang konsisten.

Buat Lingkungan yang Nyaman untuk Tidur

Buat kondisi yang nyaman untuk kamu tidur. Untuk cara mengatasi insomnia, atur ruangan tempat kamu tidur, atur pencahayaan, suhu, dan kebisingan.

Kalau misalnya kamu punya hewan peliharaan yang tidur di kamar yang sama, untuk smeentara waktu pidnahkan dia ke tempat lain agak kamu bisa focus tidur, menghindari kebisingan dan sebagai cara mengatasi insomnia.

 

Beri Komentar