5 Tips Perbaiki Waktu Tidur Jika Terasa Lelah

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 30 Desember 2019 11:58
5 Tips Perbaiki Waktu Tidur Jika Terasa Lelah
Waktu tidur yang berkualitas sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jangan sampai karaena waktu tidur kurang, kesehatan tidurmu jadi terganggu. Inilah tips memaksimalkan waktu tidurmu.

Waktu tidru ideal yang diperlukan seseorang adalah 7-8 jam. Selama wakru tidur tersebut tubuh akan merecharge dirirnya agar lebih segar. Namun ketika kamu sedang dihadapkan pada situasi dan kondisi yang melelahkan maka waktu tidurmu akan berkurang. 

Nah, kebiiasaan ini akan berefek bruuk menimbulkan stres pada tubuh. Seperti dilansir Fimela.com (13/12) kamu bisa memperbaiki waktu tidurmu dan menghindarkan drii dari setres dengan cara berikut ini.

1 dari 5 halaman

1. Memahami mekanisme tidur

Jadwal tidur kamu bisa dipenagruhi oleh sistem internal tubuh. Yakni dorongan homeostatis dan dorongan siekadian, Dorongan Homeostatis adalaah dorongan yang bertumpu pada lamanya kamu terjaga. Semakin lama kamu terjaga semakin kamu tidak ingin tidur. Sedangkan dorongan Sirkadian adalah dorongan yang dipengaruhi oleh cahaya. sedikit banyaknya cahata yang ada disekitarmu berpengaruh pada keinginan tidurmu.

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

2. Berhenti menatap layar

Kebiasaan menatap layar ponsel sebelum tidur juga termasuk kebiasaan buruk. Cahaya biru pada ponsel bisa mengacaukan ritme sirkadian. Jadi, berusahalah menguragi kadar menatap layar ponsel sbeleum tidur.

3 dari 5 halaman

3. Pergi ke tempat tidur lebih cepat

Ketika kamu sedang beraada dalam fase waktu tidur yang nggak baik tubuh akan meresponnya dengan tidur sebelum waktunya. Manfaatkan momen ini untuk merubah aktu tidurmu lebih cepat dari biasnya.

4 dari 5 halaman

4. Menggunkan melatonim dalam dosis kecil

Jika kamu semakin terganggu dengan gangguan tidurmu, segeralah konsultasikan ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat melatonim yang dapat dikosumsi 3-4 jam sebelum waktu tidur.

5 dari 5 halaman

5. Gunakan cahaya baru saat bangun

Menggunakan cahaya biru saat bangun akan menstimulus tubuh agar merasa lelah. Efek ini akan benar-benar membuat tubuhmu merasa lelah. Sehingga memaksa tubuh melakukan recovery lebih lama.

 

Semoga infromasi tadi bisa membuatmu faham bagaimana memperbaiki waktu tidur yang baik bagi tubuh ya.

Beri Komentar