14 Cara Agar Cepat Tidur di Malam Hari dan Bangun Pagi pada Bayi dan Anak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 27 Januari 2020 00:00
14 Cara Agar Cepat Tidur di Malam Hari dan Bangun Pagi pada Bayi dan Anak
Beberapa orang berusaha buat nggak tidur cepat di waktu sebelum tidur, sementara yang lain kadang harus bengong dulu berjam-jam sebelum akhirnya bisa tidur.

Tidur dalam waktu yang cukup dan berkualitas, disebut sama pentingnya dengan konsumsi makanan sehat dan olahraga. Padahal, banyak penelitian menyebut kalau manusia di jaman sekarang ini cenderung tidur lebih singkat dan tidak lebih nyenyak dibandingkan generasi sebelumnya.

Saat kamu kurang tidur, biasanya kamu jadi lebih cranky di pagi harinya. Mood yang berantakan, juga mata yang masih aja mengantuk. Sedangkan saat kamu tidur di waktu yang cukup, itu bisa mengobati berbagai macam masalah mulai dari gula darah sampai pikiran yang jauh lebih fokus.

Ada orang yang begitu badannya menempel di bantal, eh langsung molor. Namun ada juga yang masih harus terjaga selama beberapa jam sebelum tidur. Biar kamu cepat tidur di malam hari dnegan tujuan cept bangun pada pagi harinyam, untuk kamu, Diadona rangkumkan cara agar cepat tidur. Seperti apa? Yuk simak ulasannya berikut!

1 dari 4 halaman

Cara Agar Bayi Cepat Tidur

ilustrasi bayi tidur © Diadona

Setelah mengurus bayi dengan semua keperluan dan tetek bengeknya, nggak heran kalau orang tua sering mencari cara agar cepat tidur pada bayi, sehingga mereka bisa mengurusi hal lain atau sekedar beristirahat. Padahal, kamu nggak bisa memberikan dia instruksi buat ngantuk trus kemudian tidur, kan? Tapi, ada beberapa cara agar cepat tidur pada bayi yang bisa kamu usahakan.

Mengatur Pencahayaan

Seperti halnya orang dewasa, pencahayaan lampu di kamar dapat diatur sebagai cara agar cepat tidur pada bayi. Menurut Deborah Givan, MD, direktur Sleep Disorders Center di Riley Hospital for Children, di Indianapolis, salah satu cara bayi tahu waktunya tidur adalah dari isyarat di lingkungan.

Dengan meredupkan lampu, membuat lingkungan yang tidak bising di jam-jam tidur dia merupakan cara agar cepat tidur pada bayi.

Pencahayaan yang tepat sangat penting karena membantu mengatur jam internal bayi. " Otak bayi akan mengasosiasikan terang dan gelap dengan bangun atau tidur," ujarnya.

Jangan Menatap Mata Bayi

Kok bisa? Karena saat kamu menatap matanya, hal tersebut akan menarik perhatiannya dan bikin dia merasa itu adalah waktu bermain dia. Menurut babycenter.com (24/01), orang tua yang melakukan kontak mata dengan bayi yang mengantuk, walaupun nggak sengaja, akan mendorong bayi untuk keluar dari zona tidur mereka.

Mengatur Waktu Tidur

Pada sekitar 8 minggu, bayi akan mengalami peningkatan hormon melatonin, yakni hormon pembuat ngantuk di saat matahari sedang terbenam. Maka cara agar cepat tidur pada bayi yakni dengan mematuhi waktu-waktu tersebut. Kalau kamu terlambat membuatnya tidur, maka bayi akan terlewat dari jam tersebut, jadi terlalu bersemangat dan justru sulit untuk ditidurkan.

Mengetahui Kapan Bayi Mulai Mengantuk

Cara agar cepat tidur pada bayi yakni dengan tahu kapan sih dia mulai mengantuk. Pertanda mengantuk yang paling baik, yaitu saat bayi keliatan tenang, kurang aktif dan seperti sedang bosan atau cuman bengong dan menatap sesuatu.

2 dari 4 halaman

Cara Agar Cepat Tidur dan Bangun Pagi

Ilustrasi Insomnia © Diadona

Mengapa sih bangun tidur lebih pagi itu penting? Menurut wawancara di Harvard Business Review, orang-orang yang bangun pagi cenderung lebih produktif dan lebih proaktif di tempat kerja. Bahkan banyak CEO yang bangun lebih awal lho. Berikut cara agar cepat tidur dan bangun pagi:

Matikan Semua Layar Sebelum Tidur

Sebagai cara agar cepat tidur, matikan semua layar setidaknya sejam sebelum tidur. Msialnya, layar ponsel, televisi, tablet, maupun komputer. Keberadaan layar tersebut nggak cuman bakalan bikin kamu teralihkan, tapi layar elektronik memancarkan cahaya biru yang mengganggu produksi hormon melatonin yang bikin ngantuk.

Batasi Kafein

Kafein sudah dikenal luas sebagai musuh untuk kamu yang mencari cara agar cepat tidur. Kafein bisa mengganggu proses tidur kamu karena bertindak sebagai penghambat reseptor adenosis. Apa itu adenosis? Yaitu zat dalam tubuh yang memicu kantuk kamu. Kamu bisa mengganti konsumsi kafein dengan susu atau minuman sehat lain sebagai cara agar cepat tidur.

Mendengarkan Musik yang Menenangkan

Cara agar cepat tidur bisa kamu dapatkan dengan mendengarkan musik. Sebuah penelitian terhadap 24 orang dewasa menunjukkan kalau musik yang menenangkan bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Jangan Menekan Tombol Snooze

Cara agar cepat tidur yaitu jangan menunda waktu tidur di malam hari atau untuk bangun di pagi hari. Misalnya, segera tidur malam segera setelah jam tidur, lalu jangan menekan tombol snooze di alarm. Karena, tahu nggak sih, tidur setelah alarm menyala ternyata bukan tidur yang nyenyak.

3 dari 4 halaman

Cara Agar Cepat Tidur di Malam Hari

Ilustrasi Tidur © Diadona

Tidur di waktu yang cukup bakalan membantu otak dan tubuh kamu berfungsi dengan baik. Beberapa orang sih nggak punya masalah tidur dan nggak butuh cara agar cepat tidur. Tapi, banyak orang yang mengalami kesulitan besar untuk cepat tidur di malam hari dan bangun pagi di pagi harinya.

Pencahayaan Seminimal Mungkin

Salah satu cara agar cepat tidur yang ampuh, yaitu dengan membuat kamar tidur dalam keadaan gelap, atau remang-remang. Berdasar hasil penelitian, ruangan yang gelap akan memberi sinyal ke otak untuk mulai memproduksi melatonin dan menurunkan suhu internal tubuh.

Namun yang tak kalah penting sebagai cara agar cepat tidur dan bangun cepat di pagi hari, yakni dengan membiarkan cahaya pagi masuk ke ruangan kamu sebagai sinyal untuk bangun di pagi hari.

Jauhkan Ponsel

Kamu pasti mengalamai yang namanya nggak bisa tidur karena masih berselancar di internet, chatting dengan teman, atau kepo berita terbaru artis? Nah, cara agar cepat tidur yakni dengan menjauhkan ponsel kamu.

4 dari 4 halaman

Cara Agar Anak Cepat Tidur

Ilustrasi Insomnia © Diadona

Nggak cuman orang dewasa, anak-anak juga sering punya masalah kesulitan tidur, yang mau nggak mau bikin orang tua ikutan terjaga. Berikut ada 4 tips yang bisa kamu lakukan sebagai cara agar cepat tidur pada anak.

Buat Rutinitas Tidur yang Konsisten

Cara agara cepat tidur pada anak yaknid engan menerapkan sebuah rutinitas yang konsiten. Misalnya, dengan melakukan kegiatan seperti mencuci kaki dan tangan, membacakan buku akan memberi sinyal ke mereka kalau ini sudah waktunya tidur lho!

Ciptakan Lingkungan yang Nyaman untuk Dia Tidur

Bisa saja meletakkan boneka sebagai cara agar cepat tidur pada anak, tapi nggak menutup kemungkinan, terlalu banyak maiann justru bikin dia susah tidur. Maka cari tahu deh apa yang bikin dia nyaman. Memasang seprai yang lembut, warna ruangan yang kalem, bisa membantu anak membedakan antara siang dan malam, sehingga bisa jadi cara agar cepat tidur yang mudah dan efektif.

Relaksasi

Kalau orang dewasa bisa susah tidur karena terlalu banyak yang dipikirkan, anak-anak bisa sulit tidur hanya karena merasa harus tidur, lho! Sebagai cara agar cepat tidur, alihkan fokus di ke hal-hal yang bikin dia tenang dan nyaman.

Jangan Terburu-buru

Cara agar anak cepat tidur yakni dengan berusaha nggak segera mendatangi dia, setelah dia memanggil. Kamu bisa tunggu beberapa saat sebelum kemudian meresponnya. Hal ini bakalan mengingatkan dia kalau dia harus tidur, memberi dia kesempatan untuk menenangkan dirinya sendiri. Buka nggak mungkin kalau dia malah akan tidur sendiri sebelum kamu benar-benar mendatangi dia.

Beri Komentar