5 Cara Tidur yang Tepat Membantu Menurunkan Berat Badan

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 29 Januari 2020 16:40
5 Cara Tidur yang Tepat Membantu Menurunkan Berat Badan
Tahu nggak kalau begadang bisa membuat berat badanmu naik? Ini dia caranya tidur yang tepat untuk turunkan berat badan.

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah kunci untuk hidup lebih lama. Tidak hanya fisik, tapi juga bagaimana mental dan emosional menjadi sehat. Pikiran-pikiran yang mengganggu bahkan bisa memengaruhi kesehatanmu.

Selain makan dan olahraga, tidur menjadi salah satu cara untuk hidup sehat. Tidur yang cukup bisa bantu atasi lelah setelah seharian beraktivitas. Selain itu, juga bisa membantumu untuk menurunkan berat badan selagi caranya tepat. Mengutip dari Allwomenstalk, ada beberapa cara tidur yang baik untuk membantu dietmu.

1 dari 5 halaman

Kurangi Hormon Kortisol

Ilustrasi Perempuan Sedih © Diadona

Begadang tidak baik untuk kesehatan dan bisa memengaruhi kenaikan berat badanmu, loh! Sebab, di jam-jam lewat tengah malam perut kita akan kembali merasa lapar. Kamu akan makan untuk mengatasi rasa lapar yang mengganggu.

Cobalah untuk istirahat tanpa ada stress yang mengganggu. Kortisol adalah hormon yang dikeluarkan oleh tubuh saat masa-masa stres. Tubuh kamu itu tahu, loh kapan stres terjadi baik secara mental maupun fisik. Kortisol menyimpan berat badan dalam tubuh dengan cepat dan menyebabkan reakasi peningkatan berat badan.

2 dari 5 halaman

Kontrol Napsu Makan

Ilustrasi Perempuan Makan © Diadona

Kalau hormon kortisol yang dikeluarkan lebih sedikit, maka hormon lain dalam tubuh bisa bekerja dengan normal termasuk sinyal rasa lapar. Kalau kamu semakin stres makan hasrat untuk makan banyak dan berkalori tinggi biasa menggebu-gebu. Itu sebabnya saat stres atau sedih cenderung menajadikan makanan sebagai pelarian.

Hormon leptin dan ghrelin dalam tubuh secara langsung memengaruhi tingkat kelaparan dan kerjanya dipengaruhi dengan jumlah hormon kortisol. Cara terbaik adalah dengan mengabaikannya dan lebih baik tidur. Itu kenapa begadang tidak baik bagi kesehatan juga berat badanmu. Kalau kamu tidur cukup di malam hari keesokan paginya akan mengonsumsi makanan untuk membantu metabolisme tubuh dan nafsu makan lebih stabil saat jam makan siang. Kebanyakan orang akan kehilangan nafsu makan juga saat malam harinya tidak tidur dalam waktu yang cukup.

3 dari 5 halaman

Suasana Hati yang Baik

Ilustrasi Perempuan Tidur © Diadona

Tidur cukup membuatmu merasa lebih baik apalagi dengan suasana hati yang baik. Produksi hormon serotonin akan memproduksi lebih baik saat kamu cukup tidur. Serotonin adalah hormon bahagia yang bisa memengaruhi segalanya tentang berat badan. Ia bisa membantu mengatasi kortisol, nafsu makan bahkan mencegah depresi. Namun rendahnya serotonin juga tidak baik karena akan membuatmu tidak ingin berolahraga dan bisa menyebabkan penurunan berat badan.

4 dari 5 halaman

Stretching

Ilustrasi Perempuan Olahraga © Diadona

Tidur cukup akan membantumu dalam melakukan stretching, yang mana semakin banyak energi yang kamu punya maka akan cukup untuk digunakan berolahrga. Meskipun kamu membutuhkan waktu olahraga kurang dari satu jam, misalnya saja hanya 30-45 menit maka kamu bisa membakar kalori lebih banyak sebab energi yang kamu punya juga sangat banyak.

5 dari 5 halaman

Mempengaruhi Pencernaanmu

Ilustrasi Perempuan Tidur © Diadona

Tahu nggak kalau pencernaan bukan hanya memengaruhi berat badanmu tapi juga dipengaruhi oleh pola tidurmu? Sekitar 80% saraf yang terhubung ke otak berjalan melalui saluran pencernaan dan neurotransmiter ini berkomunikasi dengan perut dan otak kamu. Kalau kamu stres, pencernaan akan terganggu sebab jam tidur juga berantakan. Saat stres, kamu tidak bisa mencerna makanan dengan baik karena otak sibuk memikirkan cara mengatasi stres tersebut. Makanan-makanan yang dicerna dengan buruk ini akhirnya disimpan sebagai limbah yang menyebabkan kenaikan berat badan.

 

Selain makan makanan yang sehat dan bergizi serta olahraga, pola tidur yang baik juga bisa memengaruhi kesehatan. Hidup sehat mungkin akan terasa sulit di fase awal namun mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati, kan? Begitu pun dengan mengontrol berat badanmu.

Beri Komentar