Tak Perlu Dibersihkan, Kotoran Telinga Ternyata Berguna Untuk Tubuh

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 24 Februari 2021 09:25
Tak Perlu Dibersihkan, Kotoran Telinga Ternyata Berguna Untuk Tubuh
Ternyata begini fakta unik mengenai kotoran telinga..

Telinga merupakan salah satu indera terpenting bagi tubuh. Karena itu kebersihannya jadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Umumnya kita akan membersihkan telinga menggunakan cotton bud, tapi kamu tau nggak sih kalau telinga sebenarnya nggak perlu dibersihkan?


Dilansir dari Healthline.com, telinga akan memproduksi kotoran telinga yang dipengaruhi dari faktor dan bendar di luar area telinga.

Kotoran ini dapat muncul karena adanya percampuran sekresi atau pengeluaran hasil kelenjar keringat dan kelenjar sebaceous yang ada di dinding telinga luar. Misalnya seperti debu, keringat, atau pergerakan rahang.

1 dari 2 halaman

Manfaat Kotoran Telinga

Ilustrasi Cotton BudIlustrasi Cotton Bud © shutterstock.com

Kotoran telinga berfungsi untuk melindungi dan melembabkan kulit saluran telinga, sehingga mencegahnya dari keadaan kering dan gatal. Tak hanya itu, kotoran telinga juga mengandung bahan kimia yang berguna khusus melawan infeksi yang dapat melukai kulit dalam saluran telinga.

Jadi kotoran telinga ibarat perisai, yang melindungi bagian luar dan bahkan dalam telinga (gendang). Ketika debu, kotoran, dan sejenisnya mencoba memasuki ke dalam telinga, kotoran telinga nggak akan membiarkan mereka memasuki lebih dalam.

2 dari 2 halaman

Tak Perlu Dibersihkan

Ilustrasi Membersihkan TelingaIlustrasi Membersihkan Telinga © helpingmehear.com

Kotoran dalam telinga cuma berada di bagian luar saluran telinga saja, sehingga nggak akan menyumbat saluran telinga dalam dan mengganggu pendengaran.

Penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga ternyata justru hanya akan mendorong kotoran telinga masuk ke saluran telinga lebih dalam. Akibatnya, telinga justru dapat tersumbat dan hal ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Pada dasarnya tubuh manusia, termasuk telinga, memiliki mekanisme alami untuk membersihkan bagiannya. Karena ini lah, tanpa dibersihkan dengan cara dikeluarkan menggunakan alat tertentu, kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya dan enggak akan mengganggu pendengaran.

Namun jika kotoran telinga memang sudah mengganggu, kamu dapat membersihkan bagian luar saja tanpa menggunakan cotton bud. Atau kamu juga dapat mengonsultasikannya ke dokter jika perlu. 

 

 

Beri Komentar