Stres Enggak Selalu Berdampak Negatif, Ini Dampak Positif Stress yang Perlu Kamu Tahu

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 27 Desember 2019 10:57
Stres Enggak Selalu Berdampak Negatif, Ini Dampak Positif Stress yang Perlu Kamu Tahu
Biasanya, kita menganggap stres selalu membawa dampak negatif bagi tubuh. Ternyata, stres punya dampak positif juga, lho. Apa saja dampak positifnya?

Stres memang kerap terjadi pada sebagian besar orang. Stres sendiri merupakan suatu reaksi tubuh yang disebabkan karena adanya tekanan maupun perubahan. Selain itu, kondisi ini juga memiliki dampak pada tubuh seseorang baik dalam waktu singkat maupun panjang.

Bicara tentang stres, sering kali kita menghubungkannya dengan hal negatif, seperti misal dampak negatifnya bagi tubuh. Tapi, ternyata faktanya tidak selalu demikian. Stres juga bisa memberikan pengaruh positif bagi kesehatan tubuh. Bagaimana caranya?

Seperti yang dilansir dalam liputan6 (20/12), berikut ini beberapa pengaruh positif stres bagi tubuh kamu. Penasaran? Yuk, simak di bawah ini ya.

1 dari 5 halaman

Stres Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh dalam Jangka Pendek

Sebagaimana dilansir dari laman Health, dalam penelitian di Department of Psychiatry di University of Alabama Birmingham, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa, " Saat tubuh merespon stres, ia mempersiapkan diri untuk kemungkinan infeksi atau cidera."

Selain itu, dr. Shelton, wakil ketua dari penelitian tersebut juga menambahkan bahwa salah satu caranya yakni dengan memproduksi interleukin ekstra, sebuah bahan kimia yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh, yang digunakan sebagai pendorong sistem kekebalan sementara.

2 dari 5 halaman

Stres Bisa Membuat Kamu Menjadi Lebih Ulet

Ilustrasi Perempuan Bekerja © Diadona

Manfaat positif dari stres lainnya yakni dapat membuat situasi di masa depan lebih mudah untuk dikelola. Hal ini karena kamu sudah belajar untuk menghadapi situasi-situasi yang penuh tekanan. Berdasarkan gagasan itu, dr. Shelton menambahkan jika dari hal tersebut tentu saja kamu dapat memperoleh manfaat dari pengalaman yang tidak terlalu ekstrem.

3 dari 5 halaman

Stres Bisa Membantu Kamu Menjadi Lebih Kreatif

Seperti yang dilansir dari laman Woman's Day, Larisa Kase, seorang psikolog di Pennsylvania, Amerika Serikat, menanyakan kepada artis atau penulis tentang proses kreatif mereka dan terbukti jika karya terbaik mereka kerap kali muncul sebagai akibat dari banyaknya penderitaan dan stres yang mereka alami.

" Stres sering menyertai atau mendahului terobosan kreatif," ungkap Kase.

4 dari 5 halaman

Stres Bisa Memotivasi Kamu untuk Sukses

Ilustrasi Wanita Sukses © Diadona

Stres yang baik mungkin bisa saja kamu perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. " Menatap wajahmu sendiri akan merangsang perilakumu untuk benar-benar mengelola situasi secara cepat, efektif, dan lebih produktif," ungkap dr. Shelton.

Terlebih, menurut pendapatnya kunci agar stres bisa memotivasimu yakni dengan memandang situasi yang penuh tekanan sebagai tantangan yang dapat kamu selesaikan.

5 dari 5 halaman

Stres Bisa Membuat Kamu Lebih Sehat Setelah Perawatan Medis atau Bedah

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan tentang hubungan antara stres jangka pendek sebelum prosedur bedah atau medis dengan pengalaman pemulihan yang lebih sukses.

" Stres bisa memicu pelepasan adrenalin. Gelombang ini dapat membantumu berpikiran lebih jernih dan fokus," kata Mark Goulston, seorang psikiater klinis dan penulis Get Out of Your Way.

Begitulah beberapa pengaruh positif dari stress bagi tubuh kita. Jadi, stress enggak selalu membawa dampak negatif bagi tubuh kita, ya. Hal ini tergantung dengan bagaimana cara kita mengelolanya.

Beri Komentar