Sering Mengikat Rambut Terlalu Kencang? Waspada Terkana Ponytail Headache!

Reporter : Mila
Jumat, 29 Oktober 2021 07:57
Sering Mengikat Rambut Terlalu Kencang? Waspada Terkana Ponytail Headache!
Mengikat rambut jangan sembarang ya.

Pernahkah kamu merasakan sakit kepala saat menguncir rambut seharian? Bisa jadi kamu mengalami ponytail headache.

Ponytail headache adalah istilah yang digunakan para ilmuwan untuk menyebut kondisi yang secara ilmiah disebut dengan 'sakit kepala traksi eksternal' atau sakit kepala saat mengikat rambut. Istilah ini tercatat secara resmi di International Headache Society.

Pada beberapa orang, sakit kepala ini terjadi di sekitar area rambut yang diikat, sementara yang lain mengalami sakit kepala yang menyebar hingga ke dahi, pelipis kepala, sampai ke leher.

1 dari 3 halaman

Penyebab Ponytail Headache

Ilustrasi Menguncir Rambut © Diadona

Pada kulit kepala, tepatnya di bawah folikel rambut, ada saraf-saraf yang sangat sensitif. Saat mengikat rambut apalagi terlalu kencang, muncul sensasi tekanan pada saraf-saraf tersebut yang akan menghasilkan nyeri atau sakit kepala.

Sakit kepala ini juga bisa terjadi saat kamu memakai bando, scarf, hijab, ciput dalaman hijab, swimming cap, atau yang rambutnya sedang dikepang.

Meskipun ponytail headache adalah hal yang umum terjadi, tapi orang dengan keluhan tension headache, migrain, atau menderita nyeri kronis seperti fibromyalgia lebih rentan mengalaminya.

2 dari 3 halaman

Siapapun Bisa Terkena Ponytail Headache

Ponytail Headache bisa dialami oleh siapa saja. Tapi, orang memiliki yang kurang tidur dan mengalami stres berat bisa berisiko lebih besar.

Ponytail headache juga lebih mudah menyerang seseorang yang sering mengalami migrain dan wanita yang sedang berada dalam fase menstruasi.

3 dari 3 halaman

Mengatasi Ponytail Headache

Ilustrasi Menguncir Rambut © Diadona

Kamu kamu sering mengalami ponytail headache, cara tercepat untuk mengatasinya adalah dengan melepaskan kuncir dan mengurai rambutmu. Kemudian, pijat kulit kepala dengan lembut di area yang terasa nyeri dan sakit, lalu tarik napas dalam-dalam.

Ponytail headache biasanya akan hilang dalam waktu satu jam setelah melepaskan ikatan rambut. Apabila kamu sering mengalami sakit kepala saat mengikat rambut, sebaiknya ubah gaya rambut. Misalnya dengan mengepang longgar rambut atau membiarkannya tergerai dengan indah.

Gimana, sekarang udah paham kan? Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar