8 Benda di Sekitar Kita yang Ternyata Jadi Pemicu Munculnya Jerawat, Udah Tahu Belum?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 18 Oktober 2021 10:15
8 Benda di Sekitar Kita yang Ternyata Jadi Pemicu Munculnya Jerawat, Udah Tahu Belum?
Coba lebih dijaga kebersihannya, yuk!

Jerawat jadi salah satu masalah kulit yang sering menimpa baik pada laki-laki maupun perempuan, serta remaja maupun awal dewasa. Banyak hal yang bisa memicu tumbuhnya jerawat.

Seringkali, kita berpikiran jerawat timbul karena pola hidup tak sehat hingga tidak cocok dengan skincare yang digunakan. Namun siapa sangka, jerawat ternyata juga bisa dipicu oleh benda-benda sederhana di sekeliling kita.

Melansir dari The Carousel, berikut ada 8 benda tak terduga yang bisa memicu timbulnya jerawat di kulit. Yuk, simak selengkapnya!

1 dari 5 halaman

1. Sarung Bantal

Ilustrasi Sarung BantalIlustrasi Sarung Bantal © shutterstock.com/g/pacharawan

Kalau yang satu ini udah bukan rahasia lagi. Sarung bantal kerap jadi penyebab utama munculnya jerawat tidak terduga. Sarung bantal yang sering terkena debu dan keringat menyebabkan bakteri jadi mudah berkumpul di sana.

Padahal, saat kita beristirahat di malam hari, kulit akan bekerja ekstra dan menghasilkan minyak. Kulit berminyak yang sering bergesekan dengan sarung bantal, sprei, dan guling, bisa membuat kulit rentan berjerawat meski kamu sudah rutin pakai skincare.

2. Handuk

Sama seperti sarung bantal, handuk juga kerap jadi media tumbuhnya kuman dan bakteri. Hal ini terjadi karena handuk dipakai setiap hari dan sering terkena udara luar saat sedang dijemur.

Jika kamu masih menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah, hal ini memungkinkan terjadinya perpindahan bakteri dari handuk ke wajah. Biasanya, bisa berakibat pada kulit jadi kering, mudah iritasi, hingga timbul jerawat.

2 dari 5 halaman

3. Kuas Blush on

Ilustrasi Brush MakeupIlustrasi Brush Makeup © Pinterest/ cloud10beauty

Blush on dan kuasnya ternyata bisa jadi alat makeup yang justru bikin kamu rentan berjerawat. Pasalnya, blush on memiliki kandungan pewarna buatan yang bisa mengiritasi, sedangkan kuasnya bisa menjadi tempat debu dan kotoran bersarang.

Agar blush on dan kuasnya tidak membuat kulit jadi berjerawat, maka kamu harus memastikan dua hal berikut ini. Satu, pastikan blush on dalam kondisi yang selalu bersih dan kering. Kedua, selalu rutin bersihkan kuas/brush agar tidak menjadi sarang bakteri.

4. Ponsel

Ponsel juga jadi pemicu tumbuhnya jerawat di wajah loh! Apalagi kalau kamu sering banget menggunakan ponsel untuk menelepon, udah pasti benda tersebut akan bersentuhan hingga menempel dengan wajah.

Ponsel mungkin terlihat biasa aja, tapi justru jadi lahan subur untuk kuman dan kotoran tumbuh. Belum lagi jika tangan kita sering menyentuh ini-itu dan berakhir dengan memegang ponsel, otomatis semua bakteri akan berkumpul di sana. Saat layar ponsel yang penuh bakteri ini bersentuhan dengan kulit wajah, udah tau kan apa yang bakal terjadi selanjutnya?

3 dari 5 halaman

5. Sampo dan Kondisioner

Ilustrasi Sampo dan KondisionerIlustrasi Sampo dan Kondisioner © shutterstock.com/g/WichitS

Tak banyak yang tahu, sampo dan kondisioner ternyata memiliki kandungan yang bisa memicu/menyebabkan jerawat di kulit. Misalnya, zat sodium laureth sulfate dan sodium lauryl sulfate yang tertinggal di kulit kepala bisa menyebabkan jerawat.

Sedangkan untuk kondisioner dengan kandungan silikon, jika mengenai kulit kepala dan tidak dibilas hingga benar-benar bersih, juga akan menumbuhka jerawat. So, penting banget untuk membilas rambut dan kulit kepala sampai benar-benar bersih dari sampo dan kondisioner.

6. Air Kran

Air kran sebenarnya tidak menimbulkan jerawat, tapi malah memperburuk kondisinya. Di daerah-daerah tertentu, air kran bisa membuat kulit yang berjerawat makin meradang dan tak kunjung sembuh.

Biasanya, kandungan klorin yang ada pada air akan membuat kulit jadi makin kering dan menimbulkan iritasi seperti jerawat hingga eczema. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan filter pada kran atau shower untuk meminimalisir kandungan klorin.

4 dari 5 halaman

7. Detergen

Ilustrasi DetergenIlustrasi Detergen © shutterstock.com/g/newafrica

Beberapa detergen biasanya memiliki kandungan pewangi dan pembersih yang bersifat keras. Jika kandungan ini masih tertinggal di sprei atau sarung bantal, tentunya bisa mengiritasi kulit dan memicu jerawat.

Tak hanya itu, detergen yang tertinggal di sprei hingga sarung bantal bisa menimbulkan benjolan merah baik di kulit wajah atau bagian tubuh lainnya. Jika hal ini jadi penyebab timbulnya jerawat, kamu bisa mengganti detergen yang kamu pakai agar lebih aman untuk kulit sensitif.

8. Pasta gigi

Pasta gigi disebut-sebut juga bisa jadi penyebab munculnya jerawat. Hal ini terjadi lantaran kandungan hidrogen peroksida, fluoride, hingga sodium lauryl sulfate.

Saat kandungan tersebut terlalu lama menempel di kulit, maka bisa memicu tumbuhnya jerawat di sekitar area mulut. Itulah sebabnya, penting untuk menggosok gigi lebih dulu dibandingan mencuci muka.

Beri Komentar