Diam-Diam Bermanfaat, Ternyata Pusar Punya Banyak Fungsi Penting Lho Untuk Tubuh!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 4 Mei 2020 09:25
Diam-Diam Bermanfaat, Ternyata Pusar Punya Banyak Fungsi Penting Lho Untuk Tubuh!
Jangan sepelin bagian tubuh satu ini lho.

Pusar (Umbilicius) atau juga disebut dengan udel merupakaan salah satu bagian tubuh manusia yang terletak dibagian perut depan.

Pusar merupakan bagian tubuh yang dimiliki semua orang. Meski begitu, tiap orang memiliki pusar yang berbeda-beda tergantung pada saat proses kelahirannya.

Tahu nggak sih, meski pusar merupakan bagian tubuh yang jarang diperhatikan, namun pusar memiliki banyak manfaat lho. Dilansir dari berbagai sumber, simak yuk apa saja manfaatnya.

1 dari 7 halaman

1. Titik penanda saat operasi

Ilustrasi Operasi © Diadona


Dalam proses operasi atau bedah biasanya pusar menjadi titik penanda untuk menentukan bagian tubuh yang akan dioperasi. Hal ini karena posisi pusar yang ada di bagian tengah tubuh dapat menjadi patokan letak serat otot yang ada dalam tubuh.

2 dari 7 halaman

2. Sebagai pengatur pergerakan hormon


Hormon bertugas untuk mengatur pergerakan berbagai hormon manusia.

3 dari 7 halaman

3. Mengatur kinerja kelenjar pankreas

Ilustrasi Organ Pankreas © Diadona


Kelenjar pankreas merupakan ludah dalam perut yang letaknya tepat berada di belakang lambung. Dalam proses bekerjanya kelenjar ini, ternyata pusar juga turut membantu mengatur.

4 dari 7 halaman

4. Mengatur energi panas dingin

Ilustrasi Perut © Diadona


Ternyata perut memiliki unsur elemen api, karena itulah perlu untuk dilindungi agar kita tidak mudah lelah ataupun kembung.

Karena pusar dapat mengubah energi panas menjadi energi. Hal ini juga yang menjadi alasan kita sering mengoleskan minyak kayu putih di area perut.

5 dari 7 halaman

5. Mengatur organ hati


Salah sau fungsi pusar yang cukup penting adalah mengatur organ hati agar tidak mengalami gangguan.

Hal ini karena organ hati biasanya membantu memecah beberapa senyawa yang bersifat beracun. Pusar membantu mengatur kapasitas organ hati tersebut agar tidak terjadi keracunan.

6 dari 7 halaman

6. Mengatur kelenjar adrenalin yang terkit dengan otot di sekitar perut


Kelenjar adrenalin menghasilkan hormon yang membuat tubuh berenergi. Pusar akan membantu kerja kelenjar adrenalin ketika sedang menyangkut otot di sekitaran perut.

7 dari 7 halaman

7. Mengatur kondisi jantung empedu

Ilustrasi Organ Liver dan Kantung Empedu © Diadona


Kantung empedu merupakan salah satu faktor penyebab munculnya penyakit batu empedu. Dalam hal ini pusar membantu untuk mengatur kantung empedu agar tidak mengalami gangguan.

Nah itu dia fungsi-fungsi dari pusar atau udel yang ad di perut kita. Jangan disepelin ya, tanpa dia organ tubuh kita bisa jadi akan kewalahan lho!

Beri Komentar