Sendawa Terus Tanpa Henti, Ini Kenapa sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 26 Oktober 2020 18:27
Sendawa Terus Tanpa Henti, Ini Kenapa sih?
Kan ganggu juga sih ya~

Untuk beberapa orang, sendawa merupakan hal yang melegakan. Bisa terjadi setelah makan, atau bahkan ketika masuk angin. Tentu hal ini normal-normal saja terjadi. Tapi kalau berlebihan, terjadi terus-menerus, nyebelin dan ganggu juga, kan?

Tapi kenapa sih ini bisa terjadi? Apakah ada tanda masalah kesehatan tertentu? Melansir dari HealthXchange via Merdeka.com, ada dua penyebab.

 

1 dari 3 halaman

Udara Berlebih di Perut

Salah satu penyebab kenapa seseorang bisa bersendawa terus-menerus adalah karena terdapat udara berlebih di dalam perut. Bisa karena makan atau minum tergesa-gesa. Untuk mengeluarkan udara berlebih, sendawa adalah cara tubuh mengatasinya.

Selain itu, bisa juga karena mengisap permen, minum dengan sedotan, bahkan menggunakan gigi palsu yang langgor bisa menyebabkan udara masuk berlebihan dan bersendawa. Untuk orang yang punya heartburn dan asam lambung, hal ini juga bisa terjadi.

 

2 dari 3 halaman

Pencernaan Bermasalah

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Kalau sendawa terjadi terus-menerus, sebaiknya curiga terlebih dahulu bahwa ada masalah pada pencernaannya. Sebut saja gastroparesis, tukak lambung, batu empedu, bahkan kanker perlu. Lebih baik, segera dapati penanganan medis.

 

Beri Komentar