Kombinasi Favorit, Tapi Makan Nasi dan Mie Bersamaan Ternyata Berbahaya Lho!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 26 Oktober 2020 08:25
Kombinasi Favorit, Tapi Makan Nasi dan Mie Bersamaan Ternyata Berbahaya Lho!
Stop kebiasaan ini dari sekarang ya!

Mi instan merupakan salah satu makanan favorite banyak orang. Selain karena proses memasaknya yang mudah, mi instan juga memiliki rasa yang lezat. Hmm jadi kebayang mie goreng deh!

Nah, sebagai masyarakat Indonesia yang menganut 'belum makan kalau nggak pakai nasi', akhirnya banyak dari kita yang memilih mengonsumsi mi instan yang dipadukan dengan nasi. Padahal mencampur nasi hasilnya double killer lho, guys. Begini penjelasannya..

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Makan Mie Instant © Diadona

Dilansir dari Healthline.com, mi instan mengandung karbohidrat, lemak sodium, kalori, protein dan beberapa mikronutrein yang tinggi. Hal ini serupa dengan nasi yang menjadi sumber karbohidrat.

Menurut Dokter Sungadi yang dilansir dari channel Youtube SB30 Health, ketika mengonsumi makanan yang semuanya karbohidrat, hal ini akan membuat tubuh mengalami difisiensi atau kekurangan zat-zat yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin, kalsium, zat bisa dan mineral.

2 dari 3 halaman

Risiko Makan Mie Instan Pakai nasi

Karbohidrat adalah © Diadona

Kelebihan karbohidrat

Mengonsumsi makanan yang sama-sama mengandung karbohidrat tinggi tentu beresiko membuat tubuh jadi kelebihan karbohidrat. Dilansir dari Medicole, karbohidrat memiliki sifat yang mengenyangkan. Sehingga jika sudah mengonsumsi ini, kita tak lagi mampu memakan makanan lainnya dan tak mendapat sumber nutrisi lain.

Meningkatkan Hormon Insulin


Kombinasi mi instan dan nasi akan menghasilkan 750 kalori hanya dari karbohidrat. Kandungan karbohidrat ini akan dicerna menjadi gula oleh tubuh, sehingga hal ini akan meningkatkan hormon insulin. Jika terus dilakukan, kebiasaan ini dapat memicu diabetes.

3 dari 3 halaman

Membuat Perut Buncit

Ilustrasi perut buncit © Diadona

Bukan suatu hal yang mengherankan jika perut jadi buncit ketika tubuh sering mengonsumsi mi instan plus nasi. Karena kandungan karbo dapat membuat lingkar perut jadi lebih besar karena adanya lemak jenuh yang menumpuk pada tubuh.

Menaikan Tekanan Darah

Ilustrasi Tekanan Darah © Diadona

Mi instan mengandung sodium yang meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini dapat berbahaya bagi seseorang yang sudah memiliki tekanan darah tinggi. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko adanya penyakit kardiovaskulat.

Nah itu dia dampak buruh mengonsumsi mi instan plus nasi. Mulai sekarang usahakan memakan mie instan dengan kandungan lainnya yang tidak karbohidrat ya guys!

Beri Komentar