Rutin Senam Mata Bisa Bantu Sembuhkan Mata Minus, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 12 Oktober 2022 07:03
Rutin Senam Mata Bisa Bantu Sembuhkan Mata Minus, Mitos atau Fakta?
Kira-kira bener nggak sih?

Mata minus termasuk gangguan penglihatan yang umum terjadi. Kondisi tersebut membuat penderitanya memerlukan kacamata untuk memperjelas penglihatannya.

Namun, beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman atau bosan mengenakan kacamata terus-menerus sehingga mencoba mempraktikkan senam mata. Bahkan, beberapa orang mengklaim kemanjuran senam mata untuk mengatasi mata minus. Apa benar demikian? Simak faktanya di bawah ini.

1 dari 7 halaman

Apakah senam mata dapat menyembuhkan mata minus?

Ilustrasi Mata Minus

Senam mata dianggap menjadi cara alami menyembuhkan gangguan penglihatan seperti mata minus. Tidak sedikit yang mempercayai anggapan tersebut sehingga melakukan senam mata dengan harapan mendapat kesembuhan.

Namun, WebMD menyebutkan bahwa senam mata tidak terbukti dapat menyembuhkan atau mengurangi mata minus. Healthline juga menjelaskan hal yang sama, bahwa sangat sedikit bukti ilmiah kredibel yang menunjukkan bahwa latihan mata mampu meningkatkan penglihatan.

Tidak hanya mata minus, senam mata juga tidak dapat meningkatkan penglihatan pada kondisi mata lainnya, seperti rabun dekat dan astigmatisme, termasuk katarak, glaukoma, serta degenerasi makula terkait usia.

2 dari 7 halaman

Senam mata tidak dapat memperbaiki anatomi mata

Ilustrasi Mata Minus

Verywell Health menjelaskan bahwa anatomi fisik mata dapat memengaruhi cara mata melihat. Melatih otot dengan melakukan senam mata tidak dapat menghentikan masalah mata yang membutuhkan kacamata atau lensa kontak untuk melihat dengan jelas, termasuk gangguan penglihatan rabun jauh.

Rabun jauh atau lebih dikenal dengan mata minus terjadi karena bentuk bola mata terlalu panjang sehingga cahaya yang masuk tidak dapat mencapai titik fokus di retina. Akibatnya, seseorang menjadi kesulitan melihat suatu objek dari kejauhan sehingga terlihat buram. Meskipun tidak dapat menyembuhkan mata minus, senam mata bermanfaat untuk mengurangi ketegangan pada mata.

3 dari 7 halaman

Ketegangan pada mata

Ketegangan mata dapat terjadi ketika mata menjadi lelah, terasa sakit, atau pegal setelah fokus dalam waktu lama. Beberapa kondisi yang dapat memicu ketegangan mata di antaranya menatap layar komputer atau HP dalam waktu lama.

Biasanya kondisi ketegangan mata hanya berlangsung sementara. Ketegangan dapat membaik setelah beristirahat. Namun, terkadang keluhan dapat berlangsung lebih lama selama beberapa jam.

4 dari 7 halaman

Manfaat senam mata

Kondisi ketegangan mata umum terjadi pada seseorang yang bekerja di depan layar komputer sepanjang hari. Meskipun hanya sementara, kelelahan mata mengakibatkan rasa tidak nyaman pada mata.

Dengan melakukan senam mata dapat membantu meringankan ketegangan pada mata. Senam mata memiliki manfaat, di antaranya:

  • Mengurangi ketegangan mata.
  • Memperkuat otot yang mengatur keselarasan mata.
  • Merangsang mata untuk berkedip sehingga mengurangi keluhan mata kering yang berkaitan dengan menatap layar komputer.

5 dari 7 halaman

Senam mata yang dapat dilakukan

Terdapat berbagai metode senam mata yang dapat dilakukan. Senam mata yang paling dikenal yaitu aturan 20-20-20.

Ketika melakukan pekerjaan di depan layar komputer sepanjang hari, istirahatkan mata sejenak setiap 20 menit. Alihkan pandangan ke objek lain dengan jarak 20 kaki atau sekitar 6 meter selama 20 detik. Otot mata harus bekerja dengan keras saat melihat pada objek dekat. Dengan melakukan latihan tersebut dapat membantu meredakan ketegangan pada mata.

6 dari 7 halaman

Senam mata tidak terbukti dapat menyembuhkan mata minus. Meskipun begitu, senam mata bermanfaat untuk mengurangi ketegangan pada mata, terutama saat menatap layar komputer atau layar telepon genggam dalam waktu lama. Jangan lupa praktikkan aturan 20-20-20, ya

Beri Komentar