Viral Tren TikTok Oleskan Cabai Jalapeno untuk Obati Bintitan, Amankah untuk Kesehatan?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 11 Oktober 2022 17:03
Viral Tren TikTok Oleskan Cabai Jalapeno untuk Obati Bintitan, Amankah untuk Kesehatan?
Coba baca informarsinya di bawah ini dulu deh yuk!

Hampir semua orang pernah mengalami mata bintitan. Walau tampaknya tidak begitu serius dan benjolan yang muncul berukuran kecil, mata bintitan bisa sangat mengganggu hari-hari kamu.

Belakangan ramai tren TikTok mengoleskan cabai jalapeno ke kelopak mata untuk menyembuhkan bintitan. Lalu benarkah jalapeno benar-benar bisa sembuhkan mata bintitan? coba kita simak ulasannya beikut ini kuy!

1 dari 7 halaman

Penyebab Mata Bintitan © Diadona

Menanggapi tren ini Dokter Mata, Diane Hilal Campo melarang melakukan praktik ini karena merupakan praktik perawatan kulit dan mata yang buruk. Apalagi ada senyawa pada jalapeno yang menghasilkan efek pedas, yaitu capsaicin yang juga terkandung dalam merica, sehingga dampaknya juga akan menyakitkan bila terkena mata.

" Siapapun yang secara tidak sengaja menyentuh mata setelah memasak dengan capai, sangat paham bagaimana japalano di dekat mata adalah ide yang buruk," ujar Campo mengutip Allure.

2 dari 7 halaman

Hal yang sama juga disampaikan Dokter Kulit di New York, Hamza Bhatti yang mengatakan cara ini bisa menyebabkan iritasi lebih lanjut, menyebabkan infeksi, kemerahan pada kulit kelopak mata yang bahkan merusak kornea.

" Ini bisa memperburuk kondisi dan memerlukan penggunaan antibiotik," kata Bhatti.

Meskipun jalapeno yang digunakan utuh dan tidak dipotong, tapi tetap ada efek samping yang tidak sebanding dengan risikonya. Ada beragam cara perawatan mata bintitan di TikTok, seperti mengoleskan bawang putih ke kelopak mata, atau mengoleskan cuka sari apel. Tapi semua perawatan ini tidak disetujui ahli. Nah, lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi bintitan?

3 dari 7 halaman

Gunakan kompres hangat

Kompres Mata © Diadona

Kompres hangat adalah cara menghilangkan bintitan pada mata paling efektif. Suhu hangat bisa membantu mendorong nanah ke permukaan, melarutkan nanah, dan minyak sehingga cairan bisa lekas keluar secara alami.

Caranya, basahi handuk kecil bersih dengan air hangat. Pastikan airnya tidak terlalu panas. Peras kainnya agar lembab tak menetes. Baru letakkan di mata selama lima sampai sepuluh menit. Hindari memencet benjolan untuk mencegah infeksi. Gunakan kompres hangat tiga hingga empat kali sehari sampai mata timbilan kempes.

4 dari 7 halaman

Bersihkan kelopak mata dengan sabun yang ringan

 

Hindari membersihkan area mata dengan sabun berbahan kimia sintetis yang keras. Gunakan jenis sabun jenis hipoalergenik dan tidak menimbulkan efek samping iritasi.

Kulit di sekitar area mata jauh lebih tipis ketimbang bagian wajah lainnya. Untuk itu, kamu perlu berhati-hati memilih produk perawatan untuk area mata.

5 dari 7 halaman

Gunakan kantong teh

Jika kamu kurang sreg menggunakan kompres hangat biasa sebagai cara mengobati mata bintitan dengan cepat, opsi lain bisa menggunakan kantong teh. Teh hitam paling baik digunakan karena bisa membantu mengurangi pembengkakan dan memiliki sifat antibakteri.

Cara mengatasi mata bintitan dengan kantong teh cukup praktis. kamu tinggal menyeduh teh celup dengan air panas. Diamkan sekitar semenit. Baru gunakan untuk mengompres mata.

Biarkan kompres dengan kantong teh dingin selama lima sampai 10 menit. Kompres bintitan dengan kantong teh dua kali sehari dan masing-masing gunakan kantong teh baru.

6 dari 7 halaman

Minum obat penghilang rasa sakit

Salah satu obat bintitan mata adalah obat penghilang rasa sakit. Jenis obat ini bisa menghilangkan ketidaknyaman di mata karena timbilan. Pastikan kamu membaca petunjuk penggunaan obat dengan benar untuk memastikan dosis yang tepat.

Jika bintitan menyebabkan rasa sangat sakit dan mengganggu aktivitas sehari-hari, segera kunjungi dokter.

Beri Komentar