Manfaat Minuman Energi bagi Kalian yang Hobi Olahraga

Reporter : Mila
Sabtu, 8 Oktober 2022 07:57
Manfaat Minuman Energi bagi Kalian yang Hobi Olahraga
Bisa bangkitkan stamina sebelum olahraga.

Punya hobi berolahraga adalah salah satu kebiasaan baik yang membantu kebugaran tubuh tetap terjaga sepanjang hari. Demi hasil dan manfaat yang maksimal, mengonsumsi minuman energi sebelum olahraga sering kali jadi pilihan agar performa olahraga meningkat.

Apa saja ya manfaat minuman energi bagi tubuh, khususnya sebelum dan setelah berolahraga? Yuk simak sama-sama!

1 dari 4 halaman

Minuman Energi Sebelum Olahraga

Sebelum berolahraga, tubuh membutuhkan asupan yang bertujuan untuk meningkatkan performance sebagai pre workout dan menstimulasi tubuh supaya bisa lebih maksimal.

Minuman energi bisa dikonsumsi sebelum olahraga, tujuannya untuk memberikan stimulan agar performa lebih maksimal.

2 dari 4 halaman

Tips Memilih Minuman Energi

Banyak jenis minuman energi yang beredar di pasaran. Agar kebutuhan nutrisi terpenuhi, pilih minuman energi yang mengandung komposisi seperti taurin, vitamin B kompleks, dan inositol.

Taurin berfungsi untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas otot, Vitamin B kompleks berfungsi untuk meningkatkan stamina dan mencegah kelelahan otot. Sementara itu, Inositol membantu mengoptimalkan pembentukkan serotonin (hormon otak yang bisa memperbaiki suasana hati).

3 dari 4 halaman

Mengembalikan Energi Setelah Olahraga

Setelah berolahraga, asupan nutrisi dibutuhkan untuk pemulihan atau recovery yang terdiri dari karbohidrat dan protein.

Penelitian International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism tahun 2018 menunjukkan bahwa penggunaan kafein bisa mempercepat proses recovery terutama pengisian ulang dari glikogen. Selain itu, penelitian lain berjudul The Effect of Taurine on the Recovery from Eccentric Exercise-Induced Muscle Damage in Males juga menyebutkan, bahwa taurin juga dapat membantu pemulihan sel-sel otot setelah berolahraga yang cukup berat.

Untuk itu, kamu bisa mengonsumsi minuman energi yang mengandung karbohidrat atau zat gula, kafein, serta taurin untuk membantu mempercepat pengisian glikogen yang habis dan memulihkan sel-sel otot lebih cepat.

Beri Komentar