Penyakit Psoriasis, Apakah Menular?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 20 Maret 2020 18:20
Penyakit Psoriasis, Apakah Menular?
Penyakit kulit biasanya rentan menular, baik melalui kontak langsung ataupun tidak langsung. Bagaimana dengan penyakit psoriasis ini?

Seperti yang kita tahu, sel kulit bakalan membentuk sel baru untuk regenerasi lalu sel lama akan mati. Kita butuh pengelupasan sel-sel mati tersebut nih biar nggak menumpuk, trus kulit terlihat kinclong dan sehat.

Tapi, ada lho suatu kondisi di mana sel kulit mati bertumbuh begitu cepat sampai kemudian menumpuk di permukaan kulit, yang disebut dengan penyakit psoriasis.

Tumpukan sel-sel tersebut kemudian membentuk sisik dan bercak merah yang gatal trus terasa sakit.

Penyakit psoriasis ini datang dan pergi. Dan perawatannay ditunjukkan untuk menghentikann sel-sel kulit di tubuh biar nggak tumbuh dengan cepat.

1 dari 3 halaman

Penyakit Kulit Psoriasis

Ilustrasi Penyakit Psoriasis © Diadona

Dilansir dari halaman healthline.com, penyakit psoriasis merupakan kondisi autoimun kronis yang menyebakan penumpukan cepat sel-sel kulit. Akibatnya, terdapat kerak yang muncu pada permukaan kulit.

Bentuknya kayak gimana sih penyakit psoriasis ini? Umumnya sih berupa peradangan dan kemerahan. Kerak atau sisik yang terbentuk berwarna perak-keputih yang bisa banget berkembang menjadi warna merah tebal. Kadang, tumpukan ini bakalan retak dan berdarah.

Penyakit Psoriasis Adalah hasil dari proses produksi kulit yang dipercepat. Jadi, biasanya kan sel-sel kulit akan tumbuh jauh ke dalam kulit lalu secara perlahan akan naik ke permukaan. Lalu sel mati akan jatuh. Siklus ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan.

Nah, pada orang yang menderita penyakit psoriasis ini, proses produksi sel kulit bisa berlangusng cuman selama beberapa hari aja. Sel-sel kulit yang lama nggak punya waktu untuk rontok. Dan bisa dipastikan, akibatnya terjadi penumpukan sel-sel kulit.

Penumpukan ini biasanya berkembang di persendian, kayak siku, lutut. Tapi nggak menutup kemungkinan bisa berkembag juga di berbagai lokasi seperti tangan, kaki, leher, dan wajah.

Yang paling nggak umum sih, penyakit psoriasis dengan penumpukan yang terjadi di kuku, mulut, atau area di sekitar kelamin.

2 dari 3 halaman

Apa Itu Penyakit Psoriasis

Ilustrasi Kulit Gatal © Diadona


Tanda dan gejala yang menimpa orang dengan penyakit psoriasis ini berbeda tiap individu. Tapi ada beberapa yang umum sih, diantaranya:

  • Bercak merah pada kulit yang tertutup sisik tea berwarna merah
  • Ada beberapa bagian yang bersisik dengan ukuran kecil-kecil. Gejala penyakit psoriasis yang ini umumnya terjadi pada anak-anak.
  • Kulit kering, pecah-pecah dan mungkin berdarah
  • Gatal, rasa terbakar, atau pegal-pegal
  • Kuku menebal, berlubang sampai bergerigi
  • Sendi yang bengkak dan kaku

Trus apakah bercaknya berukuran gede? Menurut mayoclinic.com, bercak penyakit psoriasis ini berkisar dari beberapa skala, mulai berukuran sekecil ketombe sampai meliputi area yang luas.

Sebagian besar bercak dari penyakit psoriasis ini mengalami siklus, melebar selam abeberapa minggu lalu hilang untuk sementara waktu. Bahkan ada juga yang hilang total, macam gebetan.

Sebagian besar dokter bisa dengan mudah mendeteksi keberadaan penyakit psoriasis ini cukup dengan pengamatan yang sederhana. Gejalanya cukup mudah dibedakan dari kondisi yang lainnya.

Kalau kamu merasa punya penyakit ini, jangan ragu datang ke dokter. Sebaiknya kamu harus kasih liat semua bidang yang luka, juga perlu menginfokala kalau-kalau ada salah satu anggota keluarga yang punya kondisi serupa.

Kalau gejalanya masih samar dan membingungkan, bukan nggak mungkin dokter akan melakukan biosi. 

Dan sayangnya, nggak ada obat khusus yang bisa menyembuhkan penyakit psoriasis. Penderita harus melakukan langkah-langkah mengatur gaya hidup seperti menggunakan pelembab di area, berhenti merokok, atau bisa juga dengan manage stres.

Nah, tadi kan sudah dijelaskan kalau penyakit psoriasis ini bisa muncul dan datang suka suka penyakit ini sendiri. Dan ada beberapa pemicu yang menyebabkannya datang, dan yang paling umum meliputi:

Stres

Stres yang luar biasa tinggi dapat memicu kambuhnya penyakit psoriasis ini. Dengan mengurangi stres, maka kemungkinan kamu bisa mengurangi dan mencegahnya datang kembali.

Alkohol

Penggunaan alkohol yang berlebihan dapat memicu peningkatan penyakit psoriasis. Jadi, semakin banyak alkohol yang kamu konsumsi, maka akan semakin sering pula penyakit ini untuk kambuh.

Cedera

Misalnya, kecelakaan, luka, atau gesekan pada kulit dapat memicu kemunculan penyakut psoriasis ini. Vaksin atau sinar matahari juga mungkin banget memicu kemunculan lesi.

Obat-Obatan

Ada beberapa obat-obata yang dianggap bisa memicu penyakit psoriasis, diantaranya

  • Litrium
  • Obat Malaria
  • Obat tekanan darah tinggi

 

3 dari 3 halaman

Penularan Penyakit Psioriasis

Ilustrasi Gatal-Gatal di Kulit © Diadona

Lalu, apakah penyakit psioriasis tersebut menular? Berita baiknya, penyakit ini nggak menular. Penderita nggak akan menularkan penyakitnya ke orang yang sehat. Selain itu, menyentuh lesi penyakit psiorisis ini juga nggak bikin seseorang punya kemungkinan untuk tertular.

Untuk penyebab penyakit psoriasis sendiri, para medis masih belum mengetahui secara pasti. Tapi kalian kudu berterima kasih sama orang-orang yang menelitinya selama berpuluh tahun, karena akhirnya ada dua hal yang dianggap punya peran besar terhadap kemunculan penyakit psoriasis ini pada seseoarang. Apa aja?

Sistem Imun

Penyakit psoriasis merupakan kondisi autoimun, sehingga nggak salah dong kalau penyebabnya yakni pada sistem imun penderita. Dalam kasus ini, sel darah putih yang dikenal dengan sel T malah menyerang sel kulit,

Padahal dalam tuuh, sel darah putih ini punya fungsi untuk menghancurkan bakteri saat trjadi infeksi. Saat keliru menyerang inilah kemudian terjadi overdrive perkembangan sel-sel baru. Sel ini lho yang kemudian didorong ke bagian permukaan kulit trus erjadi penumpukan.

Hal ini menyebabkan plak yang sering dikaitkan dengan penyakit proriasis. Serangan pada sel-sel kulit juga menyebabkan area kulit yang meradang menjadi berwarna merah.

Genetika

Penyakit psoriasis pada seseorang juga bsia muncul karena ada warisan gen dalam tubuhnya, yang membuatnya jadi lebih rentan. Kalau kamu punya anggota keluarga yang punya riwayat penyakit kulit, nggak menutup kemungkinan kalau kamu punya potensi lebih tinggi untuk penyakit ini.

Eh tapi ngak usah terlalu khawatir sih, karena prosentasi dari ini masih tergolong kecil, yakni sekitar 2 sampai 3 persen menurot Organisasi Psoriasis Nasional.

Beri Komentar