Olahraga Pagi atau Malam Hari, Manakah yang Lebih Baik?

Reporter : Mila
Rabu, 14 Juli 2021 18:57
Olahraga Pagi atau Malam Hari, Manakah yang Lebih Baik?
Kapan sih waktu yang paling tepat untuk olahraga?

Banyak orang berpikir bahwa olahraga paling sehat itu adalah ketika ada paparan cahaya matahari pagi, karena banyak memberikan tubuh vitamin D dan udara lebih segar. Meski demikian, sebagian orang lebih memilih olahraga sore atau malam hari karena waktu yang lebih senggang.

Tapi sebenarnya mana yang lebih baik, olahraga pagi atau malam hari?

1 dari 4 halaman

Olahraga Pagi Hari

Professor Ilmu Olahraga Terapan, Lara Carlson, Ph.D. dari University of New England, mengatakan olahraga pagi memiliki manfaat bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan.

Seperti dikutip WomensHealthMag.com, Lara mengatakan olahraga di pagi hari bermanfaat meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari. Selain itu, olahraga di pagi hari juga membantumu untuk membentuk kebiasaan berolahraga yang lebih konsisten, melansir Cedric Bryant, PhD dari American Council on Exercise.

2 dari 4 halaman

Olahraga Sore atau Malam Hari

Olahraga pada malam hari, manfaatnya adalah meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot, serta membantu merilekskan tubuh setelah seharian bekerja.

Secara teori, menurut ahli kesehatan Dr. Michael Triangto, SpKO, olahraga malam hari lebih efektif untuk pembentukan otot. Michael juga memaparkan, olahraga di malam hari bisa membantu masalah tidur seperti insomnia jika dilakukan dengan tepat.

3 dari 4 halaman

Mana yang Lebih Sehat?

Mau olahraga pagi atau malam hari, pada akhirnya semua kembali lagi tergantung pada empat hal berikut:

  • Lokasi
  • Waktu
  • Tipe olahraga
  • Setting sosial, misalnya apakah kamu berolahraga sendirian atau bersama teman

Kalau kamu bukan orang yang bisa bangun pagi setiap hari, mungkin olahraga di sore atau malam hari akan lebih baik. Lalu, kalau kamu suka berolahraga sendiri, maka pilihlah waktu atau tempat dimana kamu bisa berolahraga sendirian. Begitu pun sebaliknya

Pada dasarnya, olahraga akan bermanfaat bila kamu bisa melakukannya secara konsisten dengan rutin. Maka dari itu, pilihlah waktu dimana kamu bisa melakukan olahraga secara konsisten dengan mudah.

4 dari 4 halaman

Yang Harus Diperhatikan saat Olahraga Malam

Meskipun boleh-boleh saja berolahraga di malam hari, disarankan untuk tidak berolahraga terlalu malam, karena bisa mengganggu jam tidur dan mempengaruhi kualitas tidur. Setelah selesai berolahraga pun, sebaiknya jangan langsung tidur. Kamu bisa  beri jeda waktu 1-1,5 jam antara waktu olahraga dan waktu tidurmu.

Ketika berolahraga malam hari, jangan lupa juga melakukan pemanasan. Ketika selesai, tetap perlu melakukan pendinginan dan peregangan, jangan langsung tidur.

Semoga informasi di atas bisa jadi pertimbangan untuk waktu olahraga yang pas untukmu, ya!

Beri Komentar