Dianggap Remeh, Ternyata Ini Manfaat Berkedip untuk Kesehatan Mata yang Jarang Diketahui

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 13 Juli 2021 12:20
Dianggap Remeh, Ternyata Ini Manfaat Berkedip untuk Kesehatan Mata yang Jarang Diketahui
Jangan dianggap remeh, ternyata berkedip ini punya banyak manfaat untuk kesehatan mata, loh!

Berkedip adalah salah satu hal yang mungkin cukup remeh dan jarang kamu sadari. Berkedip dilakukan tanpa sadar dan terjadi secara reflek.

Meskipun kita menyepelekan, ternyata berkedip ini punya banyak manfaat yang tidak kita sadari untuk kesehatan mata. Apa aja sih sebenarnya manfaat dari berkedip? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1 dari 6 halaman

Manfaat Berkedip untuk Kesehatan Mata

Berkedip adalah salah satu hal yang setiap hari kita lakukan. Melansir dari Healthline, setiap kedipan berlangsung antara 0,1 dan 0,4 detik. Meskipun hal ini sangat remeh, namun berkedip memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata.

Berikut adalah beberapa manfaat dari berkedip:

  1. Membersihkan kotoran dari mata. Berkedip bisa membersihkan partikel kecil dari udara, air mata kering, dan juga sel-sel mati.
  2. Membawa nutrisi dan zat lain ke mata yang membantu mata tetap sehat.
  3. Membasahi mata untuk mencegah mata kering
  4. Mengurangi risiko masalah dengan film air mata
  5. Membawa oksigen ke mata

2 dari 6 halaman

Beberapa Hal yang Terjadi jika Tidak Berkedip

Ternyata manfaat dari berkedip cukup banyak. Namun, apa yang terjadi apabila kita tidak berkedip? Ternyata ada beberapa dampak yang cukup buruk jika kita tidak atau jarang berkedip.

Ketika kita jarang berkedip, kornea mata bisa mengalami pembengkakan. Hal ini karena kornea mata tak memiliki pembuluh darah, sehingga membutuhkan oksigen dari lapisan air mata yang didapat saat kamu berkedup. Ketika kekurangan oksigen, ini dapat menyebabkan pembengkakan pada kornea.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Mata © Diadona

Selain kornea yang membengkak, kurang berkedip bisa membuat mata tak mendapat nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata. Jarang berkedip juga menyebabkan mata kering.

Ketika mata kering, hal ini menyebabkan sakit mata dan penglihatan jadi kabur. Kurang berkedip juga dapat meningkatkan risiko infeksi mata karena kotoran tertinggal di mata dan juga kurangnya pasokan oksigan ke mata.

4 dari 6 halaman

Terlalu Sering Berkedip Juga jadi Pertanda Masalah kesehatan

Seperti dijelaskan di awal, berkedip memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata. Namun, apabila kita terlalu sering berkedip, mungkin saja itu menjadi salah satu masalah pada mata. Meskipun berkedip sangat baik, namun banyak berkedip tentu sangat mengganggu.

Sering berkedip mungkin bisa menjadi tanda kondisi berikut:

  1. Iritasi mata yang disebabkan oleh iritasi terhadap udara, mata kering, kornea tergores, radang kelopak mata atau iris, dan juga masuknya benda asing ke dalam mata.
  2. Mata menegang karena terlalu lama fokus pada satu hal.
  3. Masalah penglihatan. Seperti rabun jauh, rabun dekat, atau mata tidak sejajar dengan benar.
  4. Gangguan gerakan yang menyebabkan kejang mata.
  5. Cemas atau stres
  6. Kelelahan
  7. Kebiasaan

5 dari 6 halaman

Perubahan frekuensi berkedip yang jadi terlalu cepat sebenarnya tak perlu dikhawatirkan. Namun, jika frekuensi berkedip meningkat disertai gejala lain, bisa jadi disebabkan karena hal yang serius. Waspadai jika kamu mengalami frekuensi berkedip meningkat disertai dengan gejala berikut ini:

  1. Kemerahan
  2. Keluarnya cairan dari mata
  3. Gatal
  4. Rasa terbakar
  5. Rasa sakit
  6. Sensitif terhadap cahaya
  7. Pembengkakan
  8. Merasa seperti ada sesuatu di mata
  9. Pandangan kabur
  10. Masalah dengan keseimbangan atu koordinasi
  11. Kejang otot

Jika kamu mengalami beberapa gejala tersebut selama berhari-hari, alangkah baiknya jika kamu langsung menghubungi dokter mata untuk penanganan yang lebih lanjut.

Beri Komentar