Usia 40 Tahun Ke Atas Sering Kembung? Waspadai Penyebabnya!

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 13 Juli 2021 18:57
Usia 40 Tahun Ke Atas Sering Kembung? Waspadai Penyebabnya!
Kembung makin sering dialami oleh orang 40 tahun ke atas.

Perut kembung bisa terjadi pada usia berapapun. Tapi sayangnya, gejala ini bisa semakin sering terjadi seiring bertambahnya usia tubuh kita. Kembung bisa disebabkan oleh beberapa perubahan dan kondisi fisik yang cenderung memengaruhi orang dewasa yang lebih tua.

1 dari 7 halaman

Kata Ahli

Melansir Livestrong, Seorang ahli gastroenterologi di Cleveland Clinic, Christine Lee, MD, menjelaskan bahwa ada beberapa alasan mengapa usia 40 tahun ke atas lebih sering merasakan kembung.

" Ada hubungan yang jelas dengan penuaan dan kembung, dan ada beberapa alasan yang berperan," jabarnya.

2 dari 7 halaman

Metabolisme Melambat

Seiring bertambahnya usia, metabolisme kita melambat sehingga menyebabkan motilitas gastrointestinal (kecepatan makanan bergerak melalui tubuh) lebih lambat.

" Saat kita makan, beberapa hal sebenarnya melambat di saluran usus kita, dan saat ini terjadi, fermentasi menghasilkan gas. Ini semua normal, proses alami, tetapi motilitas yang lebih lambat memungkinkan gas menumpuk lebih banyak karena semuanya melambat," jelas Dr. Lee

Jadi, kalau gas tidak keluar secepat biasanya, tentu akan menumpuk dan menyebabkan perasaan kembung yang tidak nyaman.

3 dari 7 halaman

Kehilangan Otot

Kita kehilangan massa dan tonus otot seiring bertambahnya usia. Ini berkontribusi pada perlambatan metabolisme dan juga memengaruhi motilitas usus. Hal itulah mengapa orang dewasa yang lebih tua berisiko lebih tinggi untuk sembelit, yang merupakan penyebab utama kembung.

4 dari 7 halaman

Obat-obatan

Seiring bertambahnya usia, kita cenderung memiliki kondisi kesehatan kronis, contohnya tekanan darah tinggi atau penyakit jantung yang memerlukan obat-obatan. Sayangnya efek samping obat ini bisa menyebabkan masalah pencernaan yang mengakibatkan kembung.

5 dari 7 halaman

Menopause dan Dasar Panggul

Menopause menyebabkan perlambatan lebih lanjut dari metabolisme dan hilangnya otot. Saat menopause, sering terjadi perubahan pada fungsi usus, karena usus terbiasa dengan perubahan hormonal ini..

Setelah mencapai usia 40 tahun ke atas (terutama perempuan), juga menderita disfungsi dasar panggul yang disebabkan oleh hilangnya otot, terutama jika mereka pernah melahirkan, kata ahli diet Tamara Duker Freuman, RD, Melansir Livestrong.

" Seiring bertambahnya usia, hal itu dapat mengejar wanita khususnya dan menyebabkan buang air besar tidak tuntas. Ini menyebabkan sembelit dan kembung juga," kata Duker Freuman.

6 dari 7 halaman

Pengurangan Aktifitas

Ketika usia jadi lebih tua, kita cenderung lebih banyak duduk daripada melakukan berbagai aktifitas. Hal ini berperan dalam motilitas, yang meningkatkan gas dan kembung.

7 dari 7 halaman

Tips Menghilangkan Kembung

Perawatan atau pencegahan kembung tergantung pada penyebabnya. Tapi selain harus mengunjungi dokter untuk pemeriksaan, kamu bisa mencoba melakukan hal-hal berikut untuk mengatasi perut kembung:

  • Rutin BAB
  • Tetap aktif bergerak
  • Konsultasi ke dokter (jangan diagnosa diri sendiri)

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Beri Komentar