Minum Soda Katanya Bisa Bantu Lancarkan Haid, Benarkah?

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 14 Maret 2022 17:03
Minum Soda Katanya Bisa Bantu Lancarkan Haid, Benarkah?
Jangan asal percaya, coba deh lihat penjelasannya di bawah ini.

Menstruasi atau haid merupakan siklus normal yang dialami perempuan tiap bulan. Selama haid, mungkin tubuh terasa tak nyaman dan beberapa aktivitas sebaiknya tak dilakukan, seperti berenang atau camping.

Sebagian besar perempuan juga ingin haid lebih cepat selesai, tak harus 7 hari atau lebih. Salah satu mitos yang populer untuk mempercepat surasi haid adalah dengan minum minumab bersoda. Beneran nggak sih ini?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Minuman Soda © Diadona

Faktanya, dikutip dari KlikDokter, konsumsi minuman bersoda tidak dianjurkan saat sedang haid atau menstruasi. Menstruasi normal terjadi dengan siklus 21-35 hari, durasinya 3-7 hari, dan volume darah sekitar 30-40 ml.

Di luar kondisi itu barulah dikatakan siklus haid tidak lancar. Beberapa studi yang dilakukan menyebutkan bahwa konsumsi minuman soda saat haid memang meningkatkan volume dan durasi haid. Selain itu, fakta lain menyebutkan bahwa konsumsi soda malah akan menambah rasa nyeri saat haid.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Minum Soda © Diadona

Kandungan kafein dan gula yang tinggi di dalam minuman soda adalah penyebab utama nyeri haid. Kedua kandungan tersebut dapat memperburuk gejala haid atau menstruasi. Kafein dapat mempersempit pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di daerah rahim (uterus). Hal ini akan memperberat keluhan kram perut saat haid.

Sementara itu kafein diketahui dapat memicu kecemasan, depresi, dan nyeri payudara saat haid. Bahan-bahan yang terkandung pada minuman soda dapat memengaruhi kontraksi uterus dan mekanisme hemostatik.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi minuman soda © Diadona

Durasi dan volume haid jika mengonsumsi minuman soda memang bertambah, namun bukan berarti haid menjadi lancar atau merupakan hal yang dianjurkan. Daripada membiasakan diri minum soda saat sedang haid, tidak ada salahnya untuk beralih pada kebiasaan yang lebih memberikan manfaat untuk tubuh kamu.

Apalagi, saat menstruasi terjadi perubahan hormonal yang membuat tubuh terasa tidak nyaman. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melancarkan haid selain dengan minum soda.

4 dari 5 halaman

  • Olahraga ringan. Olahraga ringan saat menstruasi dapat membantu kamu merelaksasi tubuh serta mengendurkan otot sehingga haid lebih lancar dari biasanya.
  • Mengganti alat kontrasepsi. Alat kontrasepsi dapat memengaruhi ovulasi serta siklus menstruasi kamu. Sebagian besar wanita yang menggunakan pil KB serta spiral mengalami haid tidak lancar. Untuk memperlancar haid, cobalah untuk mengganti alat kontrasepsi kamu dengan jenis yang lain. Konsultasikan ke dokter agar mendapat saran terbaik.
  • Pola hidup sehat. Perubahan berat badan dapat memengaruhi siklus menstruasi sehingga lebih teratur serta darah yang keluar pun lebih lancar. Sehingga, pola hidup sehat juga sangat mempengaruhi.

Beri Komentar