Mengenal Pembekuan Sel Telur, Cara Medis Agar Tetap Punya Anak di Usia Matang Kayak yang Dilakukan Luna Maya

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 19 Januari 2022 17:03
Mengenal Pembekuan Sel Telur, Cara Medis Agar Tetap Punya Anak di Usia Matang Kayak yang Dilakukan Luna Maya
Terus dalam kondisi gimana kita bisa melakukan pembekuan sel telur?

Sadar bahwa usianya akan semakin menua, aktris sekaligus model Luna Maya memutuskan untuk melakukan metode pembekuan sel telur. Hal tersebut dilakukan artis berusia 38 tahun tersebut karena berharap bisa memiliki momongan meski usianya sudah tak lagi muda.

1 dari 7 halaman

Luna Maya Pasang Ekspresi Aneh pas Ari Lasso Sebut Nama ArielLuna Maya Pasang Ekspresi Aneh pas Ari Lasso Sebut Nama Ariel © Nurwahyunan/Bintang.com

Luna menceritakan itu semua saat hadir di kanal YouTube Venna Melinda Channel. Keputusan membekukan sel telur diambil Luna agar ia tak terbebani untuk segera menikah.

" Aku udah freeze egg, aku pikir dengan teknologi dan pola hidup aku, aku rasa aku cukup sehat untuk seusiaku dan aku masih punya energi itu dan entah kenapa aku ngerasa aku gak terbebani oleh usia sih, gak tahu kenapa," kata Luna.

2 dari 7 halaman

Dikutip dari situs Mayo Clinic Amerika Serikat, pembekuan sel telur merupakan metode yang digunakan agar perempuan bisa tetap hamil meskipun telah lanjut usia.

Sel telur yang telah matang dan belum dibuahi sperma (kriopreservasi oosit matang) akan diambil dari ovarium, kemudian dibekukan untuk digunakan kemudian hari. Sel telur yang dibekukan itu nantinya dapat dicairkan kembali, kemudian dipertemukan dengan sperma di laboratorium.

3 dari 7 halaman

Ilustrasi Pembekuan  Sel TelurIlustrasi Pembekuan Sel Telur © myhealthturkey.com

Setelah itu, akan diletakkan di dalam rahim lewat metode fertilisasi in vitro. Pembekuan sel telur bisa menjadi pilihan bagi perempuan yang belum siap hamil. Tetapi ingin memastikan dirinya tetap bisa hamil di kemudian hari.

Sama seperti pembekuan embrio, perempuan yang ingin membekukan sel telur juga harus menggunakan obat kesuburan untuk merangsang terjadinya ovulasi. Sehingga akan menghasilkan banyak telur untuk diambil.

4 dari 7 halaman

Berikut beberapa kondisi yang menjadi alasan perlu lakukan pembekuan sel telur:

  1. Memiliki kondisi atau keadaan yang dapat mempengaruhi kesuburan. Seperti anemia sel sabit, penyakit autoimun seperti lupus, dan keragaman gender, seperti transgender.
  2. Sedang menjalani pengobatan kanker atau penyakit lain yang dapat memengaruhi kemampuan untuk hamil. Perawatan medis tertentu seperti radiasi atau kemoterapi, dapat membahayakan kesuburan. Pembekuan telur sebelum perawatan tersebut memungkinkan untuk memiliki anak biologis nantinya.
  3. Sedang menjalani fertilisasi in vitro. Saat menjalani fertilisasi in vitro, beberapa orang lebih memilih pembekuan telur daripada pembekuan embrio karena alasan agama atau norma. Membekukan sel telur saat usia yang lebih muda dapat membantu perempuan bisa hamil saat merasa sudah siap.

5 dari 7 halaman

Ilustrasi Pembekuan Sel TelurIlustrasi Pembekuan Sel Telur © health.clevelandclinic.org

Dalam prosedur pembekuan sel telur, dokter akan memasukkan jarum ke dalam folikel ovarium untuk mengambil telur setelah matang. Dokter biasanya akan menggunakan ultrasound untuk memandu prosedur. Namun, jika telur tidak terlihat selama pencitraan ultrasound, dokter mungkin melakukan operasi perut untuk mengangkatnya.

Dengan pendekatan yang lebih invasif ini, dokter membuat sayatan kecil di perut dengan obat penenang dan obat nyeri, lalu memasukkan jarum untuk mengeluarkan sel telur.

6 dari 7 halaman

Ilustrasi Pembekuan Sel TelurIlustrasi Pembekuan Sel Telur © scienceabc.com

Setelah dokter mengambil telur, pembekuan harus dilakukan sesegera mungkin. Namun, telur penuh dengan air, yang dapat merusak kristal es jika terjadi pembekuan segera. Untuk mencegahnya, dokter menyuntikkan larutan khusus ke dalam telur sebelum membekukannya.

Nantinya, ketika wanita tersebut siap menggunakan sel telurnya, dia akan menjalani fertilisasi in vitro. Dengan fertilisasi in vitro, spesialis kesuburan membuahi sel telur di laboratorium, menggunakan sperma dari pasangan wanita atau dari pendonor.

7 dari 7 halaman
Beri Komentar