Main Hp Malem Hari Ternyata Bisa Bikin Susah Punya Anak, Loh kok Bisa?

Reporter : Nasa
Minggu, 27 September 2020 19:09
Main Hp Malem Hari Ternyata Bisa Bikin Susah Punya Anak, Loh kok Bisa?
Begini penjelasannya.

Kebiasaan main ponsel atau HP sebelum tidur menjadi kebiasaan yang lazim dilakukan oleh beragam kalangan. Namun siapa sangka, meski lazim dilakukan, main HP sebelum tidur ternyata memberi dampak buruk terhadap kesuburan.

Menurut sebuah penelitian terbaru yang diungkap oleh pada sebuah pertemuan Virtual SLEEP 2020, terungkap bahwa ada hubungan antara penggnaan ponsel di tengah malam dengan kualitas sperma pria.

1 dari 2 halaman

Bahaya Sinar Gagdet

Ternyata, bahaya lampu tengah malam dari gadget disebut bisa berdampak buruk pada kualitas sperma. Menurut info dari laman Everyday Health, terdapat sebuah penelitian kongkrit yang meneliti tentang hal tersebut.

Penelitian itu dilakukan pada stidaknya 116 pria dengan rentang usia antara 21 hingga 59 tahun di Israel. Para pria tersebut diminta mengisi kuisioner mengenai demografi, kesehatan, variabel tidur serta paparan terhadap gawai digital setiap hari. Usai mengisi kuisioner, sampel air mani dari narasumber kemudian dikumpulkan dan dianalisis.

2 dari 2 halaman

Penurunan Pergerakan Sperma

Secara mengejutkan ternyata diketahui bahwa penggunaan gadget atau gawai digital di malam hari berhubungan dengan penurunan pergerakan dan konsentrasi sperma. Secara khusus, penurunan konsentrasi sperma disebut terpengaruh oleh penggunaan gadget di malam hari.

Lebih lanjut, menggunakan gadget saat jam tidur hingga menonton televisi di malam hari juga berpengaruh terhadap penurunan pergerakan sperma. Lalu mereka yang mengantuk di siang hari ternyata juga alami penurunan jumlah prosentase dan juga pergerakan sperma.

Di sisi lain ada penelitian lain yang menyebut bahwa pria yang lebih banyak tidur cenderung memiliki jumlah dan pergerakan sperma yang lebih tinggi. Nah kalau mengacu dari hasil penelitian tersebut, mending mulai sekarang kurangin main gadget di malam hari deh ya.

Beri Komentar