Rentan di Alami Lansia, Ngompol Tanpa Sadar Gejala Penyakit Ini

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 19 September 2020 09:25
Rentan di Alami Lansia, Ngompol Tanpa Sadar Gejala Penyakit Ini
Buang air kecil tanpa sadar jadi gejala gangguan pada area saluran urine ini.

Lansia memang akan mengalami banyak perubahan pada tubuh. Tak sedikit dari para lansia yang menghadapi masalah seputar buang air kecil atau besar.

Buang air kecil tanpa disadari atau ngompol merupakan suatu gejala dari penyakit inkontinensia urine. Sebuah kondisi yang membuat urine akan keluar tanpa terkontrol.

1 dari 2 halaman

Kesehatan Tubuh Menurun, Apa Aja sih Olahraga yang Cocok dan Aman Untuk Lansia? Kesehatan Tubuh Menurun, Apa Aja sih Olahraga yang Cocok dan Aman Untuk Lansia? © © MEN

Hal ini terjadi karena melemahnya otot dasar panggul yang terletak di bawah panggul. Kondisi ringannya adalah keluarnya rembesan urine yang terjadi saat tertawa, batuk, bersin atau saat menahan keluarnya urine.

Dilansir dari berbagai sumber, menurut penelitian global, terdapat sekitr 248 juta orang didunia yang mengalami gangguan ini. Sedangkan menurut Perkumpulan Kontinensia Indonesia, pravalensi inkontinensia urine sebesar 13 persen dari total 2.765 responden.

Gangguan ini dapat bersifat sementara (akut) dan berkelanjutan (kronis). Bahkan pada kondisi parah, seorang dengan gangguan ini sama sekali tak dapat menampung urin pada bagian kandung kemihnya.

2 dari 2 halaman

Menahan PipisMenahan Pipis © scmp.com

Penyebab dari adanya gangguan ini adalah adanya infeksi saluran kemih, sembelit, efek samping obat tertentu, stroke atau prostat yang membesar.

Inkontinensia urine banyak dialami para lansia karena umumnya kandung kemih dan uretra akan semakin melemah seiring bertambahnya usia.

Nah itu dia inkontinensia urine, gangguan pada saluran urin yang kerap membuat lansia tak dapat menahan keluarnya urin dan menyebabnkan ngompol.

Beri Komentar