Lebih Baik Sikat Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan, Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 29 Juli 2021 07:27
Lebih Baik Sikat Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan, Sih?
Jangan sampai keliru, simak di artikel berikut ya!

Salah satu hal yang begitu penting untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi kita adalah rutin membersihkan gigi dengan menyikatnya. Sudah menjadi kebiasaan bukan, bahwa menyikat gigi memang baiknya minimal dua kali dalam sehari.

Satu di malam hari sebelum tidur, satunya lagi di pagi hari. Namun untuk di pagi hari, ternyata banyak yang berbeda waktunya. Ada yang menyikat gigi sebelum sarapan, ada juga yang menyikat gigi sesudah sarapan.

Jika demikian, manakah waktu yang lebih baik untuk menyikat gigi? Sebelum atau sesudah sarapan?

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Sikat GigiIlustrasi Wanita Sikat Gigi © Shutterstock

Ternyata, melansir dari Healthline, sikat gigi yang lebih baik adalah setelah bangun tidur, jadi tentu sebelum sarapan. Gini, ketika tidur, bakteri di mulu berkembang biak. Makanya pas bangun, mulutmu kayak berlumut dan baunya khas banget, bukan?

Nah makanya, itulah lebih baik sikat gigi sebelum makan. Menyikat gigi sesegera bangun tidur akan membersihkan gigi dari plak dan bakteri. Email gigi pun juga akan dilapisi dengan pelindung terhadap asam dalam makanan kamu nantinya.

 

2 dari 4 halaman

Selain itu, menyikat gigi sesegera bangun itu juga akan membuat air liur langsunt terproduksi. Perlu diketahui bahwa ternyata air liur bisa membantu makanan terurai dan secara alami membunuh bakteri berbahaya di mulut.

Namun jika emang kamu tetap ingin menyikat gigi setelah makan, atau emang ada keadaan yang membuat kamu harus berbuat demikian, tunggulah 30 menit hingga satu jam. Sebab jika langssung sikat gigi langsung setelah makan, email gigi kamu akan melemah, apalagi menu sarapannya berupa makanan asam seperti jeruk, roti, dan kue kering.

 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Sikat GigiIlustrasi Wanita Sikat Gigi © Shutterstock

Untuk itu, jika memang harus, tunggulah 30 menit sampai satu jam setelah makan, baru sikat gigi. Kenapa? Untuk memastikan gigi kamu terlindungi dan tidak merusak email gigi kamu. Direkomendasikan juga untuk minum air atau mengunyah permen karet bebas gula terlebih dulu setelah makan sebelum menyikat gigi.

Beri Komentar