Salah Posisi Tidur Bisa Sebabkan 3 Keluhan Ini llho!

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 26 Juli 2021 17:03
Salah Posisi Tidur Bisa Sebabkan 3 Keluhan Ini llho!
Kamu pernah ngerasain leher sakit dan kaku pas bangun tidur?

Kalau udah ketemu weekend atau libur panjang, biasanya kita habisin satu hari dengan nggak ngapa-ngapain. Rasanya, pengen banget bales dendam setelah sebelumnya melakukan aktivitas padat.

Karena lelah dengan aktivitas, kadang-kadang kita jadi nggak mempedulikan posisi tidur di kasur. Yang penting bisa segera memejamkan mata dan mimpi indah. Tapi, jangan salah guys, posisi tidur itu menentukan kesehatan banget lho!

1 dari 5 halaman

ilustrasi tidurilustrasi tidur © head-fi.org

Seperti dikutip dari laman Healthline, kebanyakan manusia menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur. Saat kita tidur, hampir sepanjang waktu tidak bergerak dan tetap pada posisi awal saat ingin tidur.

Akan tetapi, ketika salah satu tidur, nggak jarang badan jadi ngerasa sakit da pegal-pegal. Bagian badan seperti leher, pinggang jadi kerasa sakit. Lantas, apa yang harus dilakukan jika mengalami badan sakit saat bangun tidur?

Dikutip dari Brooklynbedding, berikut beberapa keluhan dan cara mengatasinya:

2 dari 5 halaman

Punggung Jadi Pegal

Ilustrasi Sakit Penggung Saat Bangun TidurIlustrasi Sakit Penggung Saat Bangun Tidur © Shutterstock.com

Saat kita bangun tidur dan merasa punggung sakit bisa jadi itu karena posisi tidur tengkurap. Nah, untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mencoba menganjal bantal di bawah perut atau cukup rentangkan kaki agar tulang belakang lebih lurus.

3 dari 5 halaman

Leher Sakit dan Kaku

Ilustrasi Sakit Leher Saat Bangun TidurIlustrasi Sakit Leher Saat Bangun Tidur © Shutterstock.com

Nyeri leher adalah salah satu penyakit paling umum yang dialami beberapa orang di pagi hari. Sama seperti nyeri punggung bawah di pagi hari.

Jika kamu tidur tengkurap, kamu tanpa sadar menempatkan tekanan pada leher. Gunakan bantal untuk menopang tubuh kamu ke posisi samping, yang akan mengurangi ketegangan pada leher dan meningkatkan keselarasan tulang belakang.

Jika kamu tidur terlentang, kemungkinan kepala jatuh dari satu sisi ke sisi lain ketika kamu tidur. Gunakan jenis bantal yang dapat menjaga agar kepala kamu tetap lurus.

4 dari 5 halaman

Tangan dan Kaki Mati Rasa

Sirkulasi yang buruk saat tidur dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, tetapi, terkadang, posisi tidur kamu juga dapat menyebabkan mati rasa pada anggota tubuh.

Jika kamu tidur miring, Coba geser lengan ke depan untuk berbaring di depan wajah kamu.

Jika kamu tidur tengkurap, pastikan lengan tidak berada langsung di bawah kepala. Cobalah letakkan tangan ke samping atau naikkan tangan sejajar dengan kepala.

Beri Komentar