Pelihara Kucing Bisa Bikin Susah Hamil, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 15 November 2022 20:03
Pelihara Kucing Bisa Bikin Susah Hamil, Mitos atau Fakta?
Ingin pelihara kucing tapi katanya bikin mandul. Beneran nggak sih?

Di balik tingkahnya yang menggemaskan dan banyak dijadikan hewan peliharaan, ada beberapa yang beranggapan bahwa kucing berbahaya bagi kesehatan perempuan. Ada yang berpendapat bahwa bulu kucing berbahaya, ada pula yang beranggapan bahwa secara umum, berdekatan dengan kucing berbahaya bagi perempuan. Namun, apakah memang benar demikian? Apa yang menyebabkan kucing dianggap berbahaya bagi kesehatan perempuan?

1 dari 7 halaman

Bulu kucing bisa menyebabkan mandul

Ilustrasi Wanita dan KucingIlustrasi Wanita dan Kucing © shutterstock.com

Ini adalah pernyataan yang salah. Kucing bukan menjadi penyebab mandul. Penyebab mandul yang sebenarnya adalah Toxoplasma gondii, yaitu parasit yang menyebabkan toksosplasmosis pada manusia dan hewan.

Pada manusia dengan sistem kekebalan yang sehat, parasit ini tidak akan menimbulkan gejala atau hanya menimbulkan gejala ringan seperti kelelahan atau nyeri otot. Namun, bagi mereka yang mempunyai permasalahan pada kekebalan tubuh akibat dari pengobatan suatu penyakit, si parasit bernama Toxoplasma gondii ini dapat menyebabkan penyakit parah hingga kematian.

2 dari 7 halaman

Di mana Toxoplasma gondii ditemukan?

Toxoplasma gondii ditemukan pada kotoran kucing dan dapat ditularkan pada manusia jika tidak menjaga kebersihan dengan baik dengan cara terkontaminasi melalui makanan dan air yang diminum oleh manusia. Jadi, setelah kamu membersihkan kotoran kucing tanpa menggunakan sarung tangan, kemudian tidak mencuci tangan, parasit tersebut dapat terkontaminasi dari tanganmu yang tidak bersih.

Namun, tenang saja. Tidak semua kucing terdapat parasit Toxoplasma gondii pada kotorannya.

3 dari 7 halaman

Ilustrasi Wanita dan KucingIlustrasi Wanita dan Kucing © shutterstock.com

Toxoplasma gondii hanya ditemukan pada hewan-hewan yang memakan daging mentah, dan makan makanan sembarangan yang terkontaminasi dengan parasit tersebut.

Parasit ini tidak hanya bisa tertular melalui kucing saja. Kalau kamu memakan daging mentah, daging setengah matang yang ternyata terdapat parasit tersebut, sayuran dan buah yang tidak dicuci bersih, lalu kamu habis main tanah tanpa menggunakan sarung tangan ataupun tidak mencuci tangan dengan bersih, kamu juga bisa terkena parasit Toxoplasma gondii.

4 dari 7 halaman

Bagaimana cara Toxoplasma gondii menjadi penyebab mandul?

Ilustrasi Wanita dan KucingIlustrasi Wanita dan Kucing © shutterstock.com

Si parasit tersebut bisa tertelan dan masuk ke tubuh manusia. Perempuan yang sedang hamil bisa keguguran atau terjadi kecacatan janin saat terkontaminasi Toxoplasma gondii. Hal itu terjadi karena parasit tersebut bisa masuk ke dalam plasenta bayi.

Meskipun tidak semua infeksi Toxo menyebabkan keguguran, alias tidak semua infeksi dari Toxo gejalanya sama. Maka dari itu sangat perlu dalam menjaga kebersihan pada seorang perempuan yang sedang hamil.

5 dari 7 halaman

Jadi, bolehkan pelihara kucing saat sedang hamil?

Ilustrasi Wanita dan KucingIlustrasi Wanita dan Kucing © shutterstock.com

Boleh banget. Dengan catatan kucing yang dipelihara terjamin makanannya, yaitu diberikan makanan matang atau makanan kemasan khusus kucing. Jangan sekali-kali memberikan kucing makanan mentah. Kemudian saat membersihkan kotoran kucing, harus sering cuci tangan yang bersih, kalau bisa gunakan sarung tangan.

Gak cuma kucingnya yang dijaga makanannya, yang pelihara pun makannya harus daging yang matang. Lalu, jangan main dengan anak kucing, ya. Biasanya anak kucing belum mempunyai kekebalan terhadap Toxo, sehingga lebih mudah menularkan parasit tersebut.

6 dari 7 halaman

Kemudian yang terakhir, rajin kontrol kehamilan karena biasanya dokter akan memberikan tes laboratorium, salah satunya adalah tes Toxoplasma. Nah, jika terindikasi positif Toxoplasma, kamu akan diberikan obat rutin oleh dokter sampai kondisimu dinyatakan negatif. Pada intinya, selalu jaga kebersihan di setiap aktivitas.

Jadi, jangan lagi menuduh kucing penyebab mandul, ya. Kembali lagi kepada kebersihan sebagai faktor utama sebuah penyakit. Kitalah yang harus terus menjaga kebersihan agar terhindar dari parasit Toxoplasma gondii ini.

Beri Komentar