Jangan Remehkan, Ini Penyebab Jari Tangan Kaku Saat Bangun Tidur

Reporter : Mila
Kamis, 17 November 2022 06:57
Jangan Remehkan, Ini Penyebab Jari Tangan Kaku Saat Bangun Tidur
Apa sih penyebabnya?

Mengalami jari tangan kaku saat bangun tidur terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman. Kamu juga mungkin jadi penasaran, apakah ini menandakan adanya masalah kesehatan yang serius?

Yuk simak selengkapnya di bawah!

1 dari 6 halaman

Osteoartritis

Osteoartritis atau pengapuran sendi adalah jenis artritis yang ditandai dengan peradangan pada sendi akibat kerusakan tulang rawan yang melindungi bagian ujung tulang.

Hal ini bisa menyerang bagian sendi mana saja pada tubuh, tapi lebih sering di bagian tangan, jari, lutut, dan punggung. Tak heran kalau osteoartritis bisa menjadi salah satu penyebab jari terasa kaku saat bangun tidur. Nyerinya bisa terasa hingga ke sendi pergelangan tangan.

2 dari 6 halaman

Tenosinovitis

Jari terasa kaku saat bangun tidur juga bisa disebabkan oleh tenosinovitis. Ini adalah penyakit yang menyerang tendon, yaitu jaringan kuat penghubung otot dan tulang. Saat mengalami tenosinovitis, kamu mungkin merasakan tangan dan jari yang kaku atau trigger finger karena kesulitan menggerakkan sendi.

Selain itu, gejala tenosinovitis bisa ditandai dengan pembengkakan di bagian sendi, nyeri, dan terlihat kemerahan di bagian kulit pada area tendon yang sakit.

Mengompres jari dan tangan atau mengonsumsi obat pereda nyeri mungkin dapat membantu.

3 dari 6 halaman

Dupuytren’s Contracture

Dupuytren’s contracture adalah penebalan lapisan jaringan di bawah kulit yang menyebabkan jaringan tersebut memendek. Kondisi ini bisa mengakibatkan posisi jari tertekuk karena lapisan jaringan yang menebal dan memendek tersebut bisa menarik jaringan jari lainnya.

Umumnya, kontraktur dupuytren dialami oleh orang yang berusia lanjut dan terjadi pada jari manis dan kelingking. Meski tidak berbahaya, hal ini lama-kelamaan dapat membuat tangan sulit digerakkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

4 dari 6 halaman

Cedera

Cedera pada bagian tangan juga bisa menyebabkan jari kaku saat bangun tidur, misalnya dislokasi sendi dan cedera tendon. Melansir American Society for Surgery of the Hand, cedera sendi bisa menyebabkan pembengkakan dan robeknya ligamen pada sendi.

Kondisi ini akan membuat jari terasa kaku dan sulit digerakkan, terutama setelah tangan beristirahat lama seperti saat tidur. Perdarahan dan kehilangan keluwesan dalam bergerak juga bisa terjadi saat kamu mengalami patah tulang atau cedera sendi.

5 dari 6 halaman

Rheumatoid Arthritis

Rematik atau rheumatoid arthritis disebabkan oleh peradangan pada sendi karena  gangguan autoimun atau sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan tubuh sendiri.

Kondisi ini tak hanya bisa membuat sendi pada jari dan tangan terasa kaku, tapi juga menyebabkan nyeri hebat dan pembengkakan pada sendi. Pada kasus yang lebih parah, penyakit ini bisa mengakibatkan erosi (pengikisan) sendi dan kelainan tulang.

6 dari 6 halaman

Cara mengatasi kondisi jari kaku saat bangun tidur biasanya bergantung pada penyebabnya. Untuk pengobatan di rumah, kamu bisa mencoba mengompres dengan air hangat, mengoleskan krim capsaicin topikal, dan sering-sering stretching.

Sementara, kalau sudah parah sebaiknya segera periksakan ke dokter. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar