Sariawan Bisa Menular, Mitos atau Fakta Nih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 21 Oktober 2020 17:27
Sariawan Bisa Menular, Mitos atau Fakta Nih?
Pernah dengar dan agak takut, sih~

Siapa nih yang sebel banget kalau kena sariawan? Emang nggak begitu berbahaya sih, cuma mengganggu banget. Mau makan jadi nggak berselera, nggak nyaman aja kalau mulut jadi banyak gerak. Apalagi kalua mau ketawa, aduh.

Namun, tak sedikit nih yang menganggap bahwa sariawan itu menular. Alhasil, kalau ada kenalannya yang lagi sariawan, mereka bisa-bisa menjauhinya. Tapi, emang benar demikian, ya?

 

1 dari 3 halaman

Melansir dari Merdeka.com, dr. Herwanto, seorang pakar dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres Jakarta, menyatakan bahwa sariawan bukanlah penyakit menular.

Ilustrasi Sariawan © Diadona

" Stomatitis Aftosa (sariawan) itu tidak akan menular, tapi di dalam rongga mulut kita tidak terbatas hanya masalah sariawan saja," ujar dr. Herwanto.

 

2 dari 3 halaman

Tapi meskipun tidak menular, bukan berarti kalian bisa dengan begitu santainya saling berbagi alat makan. Justru, kuman bisa berpindah karena hal ini, dan bisa menyebabkan penyakit lain.

" Makan dengan alat makan yang sama dengan orang lain tidak akan menghadirkan sariawan tapi justru kuman dan penyakit lain yang tidak kelihatan gejalanya."

Jadi, lebih baik gunakan alat makan sendiri-sendiri. " Banyak penyakit yang bisa ditularkan lewat mulut karena mulut banyak sekali kumannya," jelas dr. Herwanto. " Menggunakan alat makan sendiri jauh lebih higienis. Sariawannya tidak menular tapi bisa diare misalnya."

 

Beri Komentar