Kenapa Ya Nelan Ludah Gak Bikin Haus Hilang?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 24 April 2022 07:27
Kenapa Ya Nelan Ludah Gak Bikin Haus Hilang?
Sering nelan ludah, eh malah tambah haus~

Di bulan puasa ini, umat muslim dilarang untuk minum dan makan dari matahari terbit hingga tenggelam. Namun, masih aja banyak yang mencoba untuk menelan ludah sendiri untuk membasahi tenggorokan. Terlepas dari hukumnya, mereka merasakan bahwa meski menelan ludah, haus tetap tidak hilang.

Kira-kira kenapa ya?

1 dari 4 halaman

Kenapa Kita Lebih Cepat Haus daripada Lapar © Diadona

Ternyata memang melansir dari Hellosehat, bukannya menghilangkan dahaga, menelan ludah sendiri bisa bikin makin haus. Sebab air ludah merupakan cairan bening yang yang teksturnya lebih pekat dan kental.

Air ludah sendiri memiliki berbagai kompenen berbeda dengan konsentrasi tinggi. Sebut saja lendir, mineral, protein, dan enzim alias amilase.

 

2 dari 4 halaman

Dr. Len Horovits, dokter spesialis penyakit dalam di Lenox Hospital New York City juga mengatakan hal yang sama. Sebanyak apapun menelan ludah, tenggorokan malah terasa semakin haus.

Hal ini disebabkan cairan tubuh bekerja dengan prinsip osmosis, yaitu cairan yang lebih encer akan terserap oleh cairan yang lebih kental, yaitu air ludah.

 

3 dari 4 halaman

Kenapa Kita Lebih Cepat Haus daripada Lapar © Diadona

Dengan demikian, cairan tubuh yang lebih encer tersebut akan diserap oleh air ludah. Disimpulkan semakin banyak menelan ludah, semakin banyak cairan yang diserapnya, sehingga menjadi lebih haus.

Berbeda memang jika minum air putih. Namun, kalian harus menahannya sampai magrib kalau emang lagi puasa~

Beri Komentar