Tidur dengan Lampu Menyala Bisa Bahaya Buat Kesehatan lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 24 Mei 2021 08:27
Tidur dengan Lampu Menyala Bisa Bahaya Buat Kesehatan lho!
Kalian tim tidur pakai lampu nyala atau mati?

Tidur merupakan satu hal yang diperlukan untuk tubuh kita. Setelah beraktivitas seharian penuh, sudah seharusnya tubuh kita mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari, bukan?

Berbicara tentang tidur, ada yang memakai lampu menyala, namun ada yang juga lampunya harus dimatikan. Tidur dengan lampu menyala memang memiliki sederat manfaat untuk tubuh. Namun bagaimana dengan tidur dengan lampu menyala?

Melansir dari Halodoc, ternyata tidur dengan lampu menyala bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Apa sajakah itu?

 

1 dari 5 halaman

Konsentrasi Menurun

Jaga Konsentrasi Meski Kurang Tidur Selama Bulan Ramadan, Simak Tips Berikut yuk! © Diadona

Tidur dengan lampu menyala ternyata bisa membuat seseorang menjadi kurang waspada atau menurunnya konsentrasi karena tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Untuk seseorang yang banyak berkendara di jalanan dalam kesehariannya, tentu hal ini sangatlah berbahaya. Untuk lansia, bisa-bisa mereka jadi rentan jatuh.

 

2 dari 5 halaman

Depresi

Ilustrasi Depresi © Diadona

Ternyata cahaya biru dari perangkat elektronik seperti lampu bisa berdampak negatif pada suasana hati. Alhasil, hal tersebut bisa berkaitan langsung dengan depresi. Karena lampur menyala juga membuat tidur seseorang kurang berkualitas, kemurungan dan mudah marah pada orang dewasa jadi sering terjadi. Sedangkan untuk anak-anak bisa membuat mereka menjadi lebih hiperaktif.

 

3 dari 5 halaman

Obesitas

Ilustrasi Obesitas © Diadona

Wanita yang sering tidur dengan lampu atau televisi menyala bisa membuat wanita obesitas, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di National Institutes of Health. Berkaitan dengan hal ini, berat badan bisa meningkat sampai 5 kg pertahun pada 17 persen partisipan. Meski demikian, ternyata lampur di luar ruangan tak begitu berdampak dibandingkan dengan lampu kamar.

4 dari 5 halaman

Risiko Terkena Penyakit Kronis

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Dalam jangka panjang, jika tidur dengan lampu menyala terus setiap hari, ternyata lama-lama bisa menyebabkan seseorang risiko penyakit kronis di kemudian hari. Sebut saja tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes melitus.

 

5 dari 5 halaman

Nah, jadi sebaiknya jangan menggunnakan lampu menyala ya kalau tidur. Kalau nggak bisa tidur dengan lampu menyala, sebisa mungkin gunakan lampu yang remang-remang saja, ya.

Semoga bermanfaat!

 

Beri Komentar