Jarang Diperhatikan, Sayuran Lebih Baik Dipotong atau Dicuci Dulu?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 13 Desember 2020 09:27
Jarang Diperhatikan, Sayuran Lebih Baik Dipotong atau Dicuci Dulu?
Hayo, sekarang jadi kepikiran kan?

Untuk menjaga nutrisi tubuh kita agar tetap sehat dalam menjalani aktivitas sehari-hari, makan sayuran tentu sangatlah penting. Agar rasanya bervariasi dan nggak begitu-gitu aja sehingga bikin bosan, makanya sayuran bisa diolah dengan berbagai macam cara.

Namun, tentu sebelum dimasak, sayuran haruslah bersih dan dibagi menjadi bagian-bagian kecil. Tapi, banyak dari kita yang jarang memperhatikan bagian ini. Ada yang memotong sayurannya dulu baru dicuci, tapi ada juga yang mencuci sayuran dulu baru dipotong.

Nah, pertanyaannya, mana nih yang sebenarnya lebih baik? Sayuran dipotong dulu atau dicuci dulu? Atau sebenarnya sama aja?

 

1 dari 3 halaman

Ternyata, sayuran itu lebih baik dicuci dulu baru dipotong gaes. Dr. Vivi Herlianty Mamonto melalui akun TikTok-nya @dr.vivimamonto menjelaskan hal ini.

Sayuran kalau dipotong dahulu kemudian dicuci, bisa dibilang kurang bermanfaat untuk kita yang mengonsumsinya. Sebab, sayuran yang dipotong terlebih dahulu lalu baru dicuci kandungan gizi di dalamnya juga akan ikut larut dalam air.

Dr. Vivi Mamamonto © Diadona

" Kalo dipotong dulu (sayurannya) baru dicuci, maka kandungan gizi yang ada di dalamnya dapat larut dalam air.

 

2 dari 3 halaman

Jadi, agar kita mendapatkan manfaat memakan sayuran secara optimal, sayuran lebih baik dicuci terlebih dahulu, baru dipotong.

Dr. Vivi Mamonto © Diadona

" Mencuci sayuran yang baik adalah mencucinya sebelum memotong sayuran tersebut."

Ternyata, melansir dari Grid.id, hal ini tak hanya berlaku untuk sayuran,, tapi juga buah-buahan. Malahan, memotong sayuran atau buah dahulu yang kemudian mencucinya bisa bikin kuman atau bakter gampang masuk ke serat-serat sayuran gaes!

Beri Komentar