Perut Sering Mules Tiap Habis Minum Kopi, Kenapa Gitu ya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 4 Juni 2020 11:00
Perut Sering Mules Tiap Habis Minum Kopi, Kenapa Gitu ya?
Ternyata ini hal yang normal lho.

Kopi merupakan minuman yang memiliki penggemar dari berbagai kalangan, nggak hanya orang dewasa, orang tua dan anak-anak pun juga menyukainya. Kopi merupakan minuman yang nikmat untuk dinikmati kapan pun dan juga dimanapun.

Kopi bisa jadi penawar rasa lelah, namun sebagian orang ternyata merasakan hal yang kurang nyaman jika mengonsumsi minuman satu ini. Nggak tau kenapa, tapi perut pasti jadi mulas sehabis minum kopi, kamu salah satu yang mengalami hal ini nggak?

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Minum KopiIlustrasi Minum Kopi © 2020 https://rawpixel.com

Dilansir dari Live Science, mulas atau rasa ingin buang air besar yang muncul setelah minum kopi bisa dijelaskan secara ilmiah kok.

Beberapa penelitian menyimpulkan jika kopi memang bisa memicu untuk buang air besar. Hal ini karena sifat asam pada kopi berpengaruh pada kondisi lambung. Kopi mengandung clorogenic acid yang meningkatkan level asam lambung. Hal itu membantu tingkat keasaman di perut dalam mengeluarkan kotoran lebih cepat.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi kopi KULOIlustrasi kopi KULO © http://nomnombali.com/

Hal ini lah yang jadi alasan utama banyak orang yang ingin segera buang air besar setelah minum kopi. Sehingga kopi mendorong munculnya reaksi gastroclonic setelah beberapa menit di konsumsi.

Kopi dapat membantu pelepasan gastrin, hormon yang diproduksi perut dan berguna untuk meningkatkan aktifitas usus besar. Nah, jadi kalau kamu merasa mulas setelah minum kopi, itu hal yang wajar kok. Karena ini memang reaksi yang dihasilkan dari kandungan kopi ya. 

Beri Komentar