Jangan Sering Minum Kopi Berlebihan, Ini Sederet Dampaknya!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 2 Oktober 2021 08:27
Jangan Sering Minum Kopi Berlebihan, Ini Sederet Dampaknya!
Siapa nih yang suka minum kopi banyak banget?

Minum kopi memang terbukti memiliki sejumlah manfaat kesehatan untuk tubuh. Sebut saja meningkatkan suasana hati, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, parkinson, dan lain sebaigainya. Di samping itu, minum kopi sudah menjadi salah satu cara juti untuk menghilangkan kantuk dan tetap bersemangat.

Namun, tak sedikit orang yang akhirnya minum kopi berlebihan, nih. Melansir dari Alodokter.com, ini sejumlah dampaknya!

 

1 dari 7 halaman

Sering Buang Air Kecil

Ilustrasi Menahan Kencing © Diadona

Kopi mengandung kafein yang punya sifer diuretik. Sifatnya merangsang pembuangan urine. Kalau kopi yang dikonsumsi kebanyakan, kamu jadi bisa sering buat air kecil, lho!

 

2 dari 7 halaman

Insomnia

Ilustrasi Wanita Insomnia © Diadona

Kopi tentu bisa menghilangkan kantuk. Namun jika dikonsumsi berlebihan, justru malah nanti nggak bisa tidur di malam hari, alias insomnia. Kalau sudah insomnia, masalah kesehatan lainnya pun bisa bermunculan.

 

3 dari 7 halaman

Denyut Jagi Lebih Cepat

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Jantung jadi deg-degan setelah minum kopi? Bisa jadi itu tanda kopi yan dikonsumsi telah berlebihan. Hal tersebut disebut dengan fibrilasi atrium, yaitu detak jadi lebih cepat dan iramanya berubah. Kalau sudah begini, sebaiknya kurangi asupan kopi di waktu selanjutnya.

 

4 dari 7 halaman

Gelisah

Siapa sih yang mau gelisah? Nah jika nggak mau gelisah, jangan sampai mengkonsumsi kopi berlebihan. Kopi itu bisa meningkatkan kewaspadaan karena efek stimulannya. Namun, efek kopi juga bisa jadi gelisah dan cemas. Apalagi kalau berlebihan, bisa sampai kena serangan panik.

 

5 dari 7 halaman

Caffeine Withdrawal

Orang yang sudah terbiasa merokok akan sulit untuk berhenti. Walaupun langsung berhenti, pasti langsung punya gejala masalah kesehatan tertentu. Begitu juga dengan orang yang sudah sering kebanyakan minum kopi. Ketika tidak minum kopi sama sekali, gejalanya bisa langsung sakit kepala, pusing, cepat lelah, sulit konsentrasi, dan lain sebagainya.

 

6 dari 7 halaman

Gangguan Pencernaan

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Terakhir, kebanyakan minum kopi bisa menyebabkan gangguan pencernaan, nih. Bisa jadi sering buang air besar karena usus jadi lebih aktif karena pergerakannya jadi lebih cepat. Selain itu, bisa juga menyebabkan diare, maag, bahkan GERD.

 

Beri Komentar