7 Tips atau Urutan Membersihkan Rumah dengan Cepat, Otomatis Kinclong!

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 15 Mei 2024 22:48
7 Tips atau Urutan Membersihkan Rumah dengan Cepat, Otomatis Kinclong!
Mending kamu ikuti urutannya di bawah ini bair cepat selesai daripada ngasal~

Urutan membersihkan rumah bisa menjadi hal yang sangat penting loh Diazens. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dan efisiensi waktu saat membersihkan rumah.

Jadi, ada beberapa detail penting yang harus kamu lakukan agar kamu tidak sampai kerja dua kali yang mana akan menyita tenaga dan waktu. Nah, berikut ini adalah beberapa urutan membersihkan rumah yang bisa kamu coba.

Langsung saja mari kita simak detailnya di bawah ini ya. Check these out!

1 dari 8 halaman

Urutan Membersihkan Rumah © Diadona© Freepik.com

Rapikan Rumah Baru Bersihkan

Langkah pertama sebelum kamu memulai membersihkan adalah merapikan rumah terlebih dahulu. Maksudnya adalah rapikan semua barang-barang yang berantakan, letakkan kembali ke tempatnya, dan singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan.

Nah, dengan merapikan rumah terlebih dahulu, proses membersihkan rumah akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Angkat barang-barang yang berserakan, kembalikan benda-benda ke tempatnya, dan pastikan tidak ada barang yang menghalangi area yang akan dibersihkan.

2 dari 8 halaman

Urutan Membersihkan Rumah © Diadona© Freepik.com

Bersihkan dari Atas ke Bawah

Urutan membersihkan rumah yang kedua adalah dengan konsep memulai dari bagian atas terus ke bagian bawah. Mulailah dengan membersihkan langit-langit, lampu gantung, dan permukaan tinggi lainnya. Kemudian, lanjutkan dengan membersihkan furnitur dan meja, dan terakhir lantai.

Jadi, dengan ini, kamu bisa memastikan bahwa debu dan kotoran yang jatuh dari atas akan dibersihkan pada tahap akhir, membuat rumah benar-benar bersih. So, kamu tidak akan lagi kerja dua kali.

3 dari 8 halaman

Urutan Membersihkan Rumah © Diadona© Freepik.com

Dimulai dari yang Paling Kecil

Untuk urutan yang selanjutnya adalah dengan mendahulukan detial-detail kecil terlebih dahulu dan kemudian lanjut bagian yang lebih luas dan lebih besar. Kamu bisa memulai dengan membersihkan benda-benda kecil seperti dekorasi, bingkai foto, dan pernak-pernik lainnya.

Kemudian, setelah semua benda kecil bersih, lanjutkan ke furnitur yang lebih besar seperti meja, kursi, dan lemari. Dengan ini kamu bisa memastikan bahwa setiap sudut dan celah bisa kamu bersihkan dengan maksimal.

4 dari 8 halaman

Urutan Membersihkan Rumah © Diadona© Freepik.com

Dahulukan Area Basah

Selanjutnya, urutan membersihkan rumah bisa kamu lakukan dengan mendahulukan ara basah seperti kamar mandi ataupun dapur. Kamu bisa membersihkan area ini terlebih dahulu dengan menggunakan produk pembersih yang sesuai agar tidak menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri.

Jadi, kamu bisa mulai engan membersihkan permukaan seperti meja dapur, wastafel, dan toilet, kemudian lanjutkan dengan mengepel lantai. Mendahulukan area basah juga membantu mencegah penyebaran kotoran ke area lain di rumah.

5 dari 8 halaman

Urutan Membersihkan Rumah © Diadona© Freepik.com

Fokus di Setiap Ruangan

Lalu, untuk urutan membersihkan rumah yang selanjutnya adalah fokus di satu ruangan dahulu. Dengan ini, kamu bisa membersihkan dengan maksimal di setiap ruangan sebelum pindah ke ruangan yang lain.

Langkah atau metode ini tidak hanya memastikan setiap ruangan bersih, tetapi juga membuat kamu lebih teratur dalam membersihkan ruangan dan tidak melewatkan detail penting. So, jangan pindah dulu sebelum selesai ya.

6 dari 8 halaman

Urutan Membersihkan Rumah © Diadona© Freepik.com

Sapu Lantai dan Lanjutkan Pel

Untuk sekadar tips, setelah semua permukaan di ruangan bersih, langkah terakhir adalah menyapu lantai dan kemudian mengepelnya. Kamu bisa menggunakan sapu atau vacuum cleaner untuk mengangkat debu dan kotoran dengan maksimal.

Lalu, lanjutkan dengan mengepel lantai menggunakan pembersih lantai yang sesuai. Jangan lupa pastikan lantai kering sebelum melanjutkan ke ruangan berikutnya ya Diazens.

7 dari 8 halaman

Buat Rundown

Last but not least nih, kamu bisa membuat rundown agar bisa lebih fokus dalam membersihkan rumah. Tulis semua tugas yang perlu dilakukan dan urutkan berdasarkan prioritas.

Dengan begini, kamu bisa tahu betul dan memastikan tidak ada bagian yang tertinggal atau terlewatkan. Rundown ini kesannya remeh namun punya kegunaan yang penting.

Dengan beberapa urutan membersihkan rumah di atas, kemungkinan besar akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan rapi tanpa menghabiskan waktu lebih banyak. So, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Beri Komentar