Hati-Hati, Kebiasaan Bersih Ini Justru Bisa Ancam Kesehatamu!

Reporter : Mila
Senin, 4 Mei 2020 15:57
Hati-Hati, Kebiasaan Bersih Ini Justru Bisa Ancam Kesehatamu!
Bersih itu baik, tapi kalau terlalu bersih bisa bahaya juga lho!

Kebersihan adalah sesuatu yang sudah diajarkan pada kita sejak masih kecil. Kalau diingat-ingat, orang tua ataupun guru pernah berkata pada kita bahwa menjaga kebersihan akan melindungi kita dari berbagai penyakit. Padahal terlalu bersih juga ga baik lho.

Melansir Reader's Digest, ini nih kebiasaan bersih yang justru berisiko terhadap kesehatanmu.

1 dari 4 halaman

Hand Sanitizer

Kebiasaan Bersih yang Justru Ancam Kesehatan © Diadona

Belakangan, semenjak maraknya penyebaran virus Corona atau Covid-19, orang-orang jadi rajin memakai hand sanitizer. Padahal jika digunakan terus-menerus dan nggak dibilas pakai air bersih, hand sanitizer malah membahayakan lho.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA), menjelaskan bahwa kandungan triclosan (senyawa sintetis yang ditemukan dalam hand sanitizer) jangka panjang dapat menimbulkan risiko kesehatan seperti resistensi bakteri atau efek hormonal.

 

2 dari 4 halaman

Membersihkan Telinga

Kebiasaan Bersih yang Justru Ancam Kesehatan © Diadona

Saat telinga terasa gatal atau kotor, kita kerap kali menggunakan korek kuping atau cotton bud. Padahal, ahli medis melarang hal ini bisa berbahaya, seperti kerusakan gendang telinga, infeksi telinga, hingga gangguan pendengaran.

Redaktur pelaksana Healthy Hearing, Brande Plotnick, MS, MBA, memaparkan bahwa saluran telinga itu nggak butuh dibersihkan. Air yang masuk ke dalam telinga waktu mandi, sudah cukup untuk menghilangkan minyak yang terkumpul di telinga.

 

3 dari 4 halaman

Gosok Gigi Setelah Makan

Kebiasaan Bersih yang Justru Ancam Kesehatan © Diadona

Setelah makan pernah nggak sih kamu langsung menyikat gigi? Kalau kebiasaan ini sering kamu lakukan, lebih baik hindari mulai sekarang.

Kebersihan gigi dan mulut memang penting, tapi sebaiknya jangan langsung setelah makan. Mayo Clinic menganjurkan untuk menunggu sampai 30 menit setelah makan, supaya air liur bisa menetralisasi asam dalam mulut dan memperkuat email gigi.

4 dari 4 halaman

Mandi Busa

Kebiasaan Bersih yang Justru Ancam Kesehatan © Diadona

Untuk para perempuan pasti seneng deh kalau mandi busa. Tapi nyatanya mandi busa memiliki risiko untuk kesehatan bagian intim lho.

Kandungan parfum dan sabun keras yang terkandung dalam busa, bisa menghilangkan minyak alami pelindung vagina yang menyebabkan Ph vagina nggak seimbang. Hal ini mengakibatkan vagina kekeringan, infeksi vagina, hingga infeksi kandung kemih.

Bersih memang baik, tapi terlalu bersih juga bisa berbahaya. Semoga informasi ini menjawab rasa penasaranmu ya!

Beri Komentar