Gak Cuman Bikin Masakan Jadi Enak, Bawang Putih Ternyata Juga Efektif Kontrol Kolesterol Lho!

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 27 Desember 2022 13:03
Gak Cuman Bikin Masakan Jadi Enak, Bawang Putih Ternyata Juga Efektif Kontrol Kolesterol Lho!
Begini penjelasan medisnya guys~

Menurunkan kolesterol bukan perkara yang mudah dan enggak ada cara instan yang bisa dilakukan. Menurunkan kolesterol akan semakin sulit jika kamu terbiasa memakan makanan cepat saji, seperti hamburger dan goreng-gorengan. Makanan tersebut memang enak dan enggak perlu waktu lama untuk disiapkan. Namun di balik kelezatannya, jenis makanan tersebut bisa menaikkan level kolesterol dan memperbesar risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Untuk itu, konsumsi makanan sehat perlu ditingkatkan agar kolesterol jahat di dalam tubuh bisa dikurangi.

Salah satunya adalah bawang yang pastinya sudah enggak asing lagi di telinga kita. Ternyata selain bisa membuat masakan terasa lebih enak, bawang juga berguna untuk menurunkan kolesterol. Beneran enggak nih?

1 dari 6 halaman

bawang putih © Diadona

Studi yang telah diterbitkan dalam Canadian Journal of Cardiology mengungkapkan, bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol. Penelitian yang melibatkan hewan dan manusia ini menunjukkan hasil penurunan kolesterol LDL apabila bawang putih dikonsumsi sebanyak satu setengah gram atau satu gram sehari. Nah, konsumsi bawang putih ternyata enggak menurunkan kadar kolesterol HDL dan hanya menurunkan kolesterol LDL.

2 dari 6 halaman

Kemampuan menurunkan kolesterol dari bawang putih tampaknya tergantung pada dosis. Artinya, semakin banyak bawang putih yang dikonsumsi, maka semakin rendah kolesterol turun. Penelitian lain yang diterbitkan dalam U.S National Library of Medicine National Institutes of Health mengungkapkan, efek penurun kolesterol dari bawang putih tampaknya hanya sementara.

Melihat penjelasan di atas, sebenarnya ada baiknya kamu langsung bertanya kepada dokter tentang dosis dan keamanannya. Pasalnya, konsumsi bawang putih dapat berinteraksi dengan kondisi penyakit tertentu atau obat-obatan tertentu.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Bawang Putih © Diadona

Efek samping yang paling menonjol dari bawang putih adalah nafas akan berbau menyengat dan persisten. Selain berbau menyengat, bawang putih juga enggak disarankan kalau kamu sedang mengonsumsi segala jenis pengencer darah seperti warfarin. Kamu juga enggak disarankan mengonsumsi bawang putih apabila akan menjalani operasi. Pasalnya, bawang putih mempunyai efek pengencer darah, sehingga dapat memperparah perdarahan.

4 dari 6 halaman

Ilustrasi Bawang Putih © Diadona

Kalau kamu diharuskan untuk makan bawang putih, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosisnya. Meskipun enggak ada batasan pasti tentang berapa banyak bawang putih yang dapat kamu konsumsi sehari, beberapa penelitian telah menyarankan bahwa terlalu banyak bawang putih, yakni di atas 0,25 g dapat membahayakan kondisi hati.

Selain mengonsumsi bawang putih, kamu perlu mengatur gaya hidup agar kolesterol lebih terkontrol. Cobalah untuk memilih makanan yang menyehatkan jantung, seperti makananan yang kaya asam lemak omega 3 dan serat larut.

5 dari 6 halaman

Mulailah mengurangi makanan berlemak jenuh dan lemak trans. Usahakan untuk berolahraga setiap hari dan tingkatkan aktivitas fisik sesuai kemampuan tubuhmu.

Kalau kamu perokok, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan tersebut untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL. Kamu juga harus menjaga berat badan agar tetap ideal. Apabila kamu mengalami berat badan berlebih coba jalankan diet sehat untuk menurunkan berat badan. Hindari pula mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Beri Komentar