Dinilai Bikin Asam Lambung Naik, Benarkah Buah Tak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 30 Maret 2022 17:03
Dinilai Bikin Asam Lambung Naik, Benarkah Buah Tak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong?
Sebenarnya, kapan sih waktu yang tepat untuk makan buah?

Buah dan sayur semestinya wajib masuk dalam menu harian Anda. Orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi 400 – 600 gram buah dan sayur setiap hari. Tak sedikit orang yang menganggap buah sebaiknya dikonsumsi pada waktu tertentu. Hal ini dilakukan agar vitamin, mineral, serat, dan manfaat lainnya bagi tubuh bisa diperoleh secara optimal. Ada yang menyarankan konsumsi buah di pagi hari sebelum makan apa pun, ada pula yang menganjurkan konsumsi buah sesaat sebelum makan.

Nah, sebenarnya manakah yang benar?

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Buah-buahan © Diadona

Sebagian besar buah-buahan mengandung karbohidrat berupa fruktosa. Sejak gigitan pertama, mulut akan menghasilkan enzim yang memecah karbohidrat ini menjadi zat yang lebih mudah dicerna.

Kerja enzim pemecah karbohidrat berhenti begitu buah yang sudah lumat memasuki lambung yang asam. Proses pemecahan karbohidrat akan berlangsung lagi dalam organ usus halus hingga menghasilkan glukosa yang lebih mudah diserap oleh tubuh.

 

2 dari 6 halaman

Fruktosa dalam buah sebenarnya merupakan karbohidrat sederhana seperti glukosa. Namun, bukan berarti tubuh bisa mencerna buah lebih cepat dibandingkan makanan lain. Pasalnya, masih ada serat dalam buah yang bisa memperlambat proses pencernaan.

Banyak informasi yang beredar mengenai waktu terbaik konsumsi buah. Namun, sampai sekarang belum ada penelitian medis yang dapat mendukung hal tersebut. Jika kamu ingin membuat waktu khusus makan buah, kamu dapat menerapkan jadwal seperti berikut ini.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Makan Buah Nanas © Diadona

1. Pagi Hari

Pagi hari dapat dijadikan sebagai waktu untuk makan buah-buahan. Setelah bangun tidur, kamu dapat memilih anggur, kiwi, jeruk bali, apel, atau nanas untuk dikonsumsi. Namun, tetap perhatikan pemilihan buah dengan kesehatan lambung kamu.

2. Siang Hari

Alih-alih mencari kudapan yang siap saji, kamu dapat memilih buah-buahan sebagai kudapan pagi menjelang siang. Artikel Lainnya: Inilah Batasan Makan Buah Sesuai Anjuran Medis

3. Malam Hari

Sambil menunggu makan malam siap, kamu dapat mengonsumsi buah-buahan sekitar 10 atau 15 menit sebelum makan. Sejatinya, mengonsumsi buah dapat dilakukan sepanjang hari, tanpa ada rekomendasi waktu yang tepat makan buah. Manfaat yang dapat diperoleh dari buah bagi kesehatan tubuh juga sama jika dikonsumsi di setiap waktu.

4 dari 6 halaman

Jangan Makan Buah Saat Perut sedang Kosong

Ilustrasi Makan Buah © Diadona

Konsumsi buah saat perut kosong dianggap dapat meningkatkan produksi asam lambung. Terlebih pada orang yang memiliki riwayat sakit lambung dan konsumsi buah yang bersifat asam. Selain itu, ada anggapan bahwa konsumsi buah saat perut kosong bisa memperlambat proses pencernaan. Akibatnya buah dapat menetap lebih lama di dalam lambung, terfermentasi, dan " membusuk" .

Pernyataan ini tidak sepenuhnya salah. Orang yang memiliki riwayat sakit lambung memang tidak disarankan untuk mengonsumsi buah yang bersifat asam.

5 dari 6 halaman

Kandungan serat yang terdapat di dalam buah memang dapat memperlambat pengosongan lambung. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, konsumsi serat dapat memperlambat pengosongan lambung dari 72 menit menjadi 86 menit.

Namun, meskipun pengosongan lambung terjadi lebih lama, tidak akan memicu reaksi pembusukan. Proses fermentasi membutuhkan peran bakteri, sedangkan kondisi lambung yang begitu asam akan menghambat pertumbuhan bakteri.

 

Beri Komentar