Kebiasaan Ini Bisa Ganggu Kualitas Tidur Kamu lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 30 Maret 2022 14:27
Kebiasaan Ini Bisa Ganggu Kualitas Tidur Kamu lho!
Yuk, biar kualitas tidur terjaga~

Agar menjalani aktivitas sehari-hari fit dan produktif, tentu kualitas tidur menjadi peran penting di sini. Makanya, banyak sekali orang yang ingin memiliki tidur yang berkualitas.

Namun faktanya, banyak dari kalian yang tidurnya tidak berkualitas, bukan? Alhasil ketika bangun rasanya masih lelah gitu.

Padahal, meski nggak kalian sadari, kebiasaan ini bisa ganggu kualitas tidur kamu lho!

 

1 dari 5 halaman

Tengkurap

Ilustrasi tidur tengkurap © Diadona

Posisi tidur ternyata bisa memengaruhi kualitas tidur. Kalau tidur tengkurap, siap-siap saja kualitas tidur jadi terganggu. Sebab hal tersebut bisa menimbulkn sakit kepala dan leher karena posisi kepala tidak sempurna. Di samping itu, punggung bagian bawah juga bisa sakit karena tulang belakang lurus dan memberikan tekanan ada sendi.

 

2 dari 5 halaman

Weekend Tidur Terus

Lelah di hari kerja membuat banyak orang memutuskan untuk tidur berlebihan di akhir pekan. Padahal dari Sleep Disorders Center, Dr. Robert Rosenberg, mengungkapkan bahwa tidur berlebihan bisa menurunkan kualitas tidur.

" Tidur lama ketika akhir pekan tak akan membantu. Faktanya, melakukan hal tersebut malah mengganggu jadwal tidur normalmu secara parah sehingga pada minggu malam kamu bakal kesulitan untuk tidur.

 

3 dari 5 halaman

Sibuk ketika Mau Tidur

Sebelum tidur, sudah seharusnya keadaan tenang dan relaks. Namun jika waktu mau tidur tiba dan masih sibuk, kualitas tidur nantinya bisa terganggu. Satu atau dua jam sebelum tidur usahakan sudah lepas dari kesibukan apapun.

Ilustrasi Tidur Tengkurap © Diadona

" Hal yang penting dilakukan adalah dengan bersantai satu atau dua jam sebelum tidur.Waktu ini bukan saat yang tepat untuk berolahraga, cemas, atau bertengkar. Mempertahankan kualitas tidur yang bagus secara rutin merupakan akvititas yang dipejalari dan dipengaruhi oleh kebiasaan sebelum tidur," ungkap Dr. Teofilo Lee-Chiong, pakar tidur asal Denver, Colorado.

 

4 dari 5 halaman

Kasur dan Bantal Jarang Diganti

Kasur dan bantal yang jarang banget diganti ternyata bisa memengaruhi kualitas tidur. Setiap setahu n sekali, disarankan untuk mengganti kasur. Sebab bisa saja kasur bentuknya sudah tidak bagus lagi. Kalau bantal sebaiknya diganti setiap 1-2 tahun, tergantung kualitasnya.

" Perhatikan apakah ada titik yang sudah usang dan cekungan pada tengah atau ujung kasur. Selain itu juga pastikan bahwa ketika pasanganmu bergerak, posisimu tidak terganggu," begitu kata National Sleep Foundation.

 

Beri Komentar