Di Balik Kebiasaan Saling Pinjam Earphone, Amankah untuk Kesehatan?

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 3 Maret 2021 08:40
Di Balik Kebiasaan Saling Pinjam Earphone, Amankah untuk Kesehatan?
Kerap dilakukan, pinjam-meminjam earphone bisa berbahaya untuk kesehatan lho.

Sudah sejak lama earphone menjadi pelengkap gadget yang cukup penting. Mulai era walkman, discman, sampai smartphone, earphone selalu jadi komponen yang tak boleh terlewat untuk dibawa. Dengan menggunakan earphone, kita bisa mempunyai ruang dengar pribadi tanpa mengganggu sekeliling.

Meski begitu, ukuran earphone yang relatif kecil membuatnya kerap terlupa untuk dibawa. Salah satu solusi yang biasa dipilih adalah dengan meminjam earphone milik teman.

Meminjam earphone sekilas terdengar wajar. Padahal, kalau dilihat lebih jauh, ada beberapa ancaman kesehatan di balik praktik pinjam meminjam earphone ini lho.

1 dari 3 halaman

Risiko Perpindahan Bakteri

Bahaya pertama datang dari kontak langsung antara earphone dengan bagian dalam telinga. Telinga setiap orang pasti memiliki kotorannya sendiri yang mengandung bakteri. Meski begitu, kotoran telinga bagi manusia sebenarnya berfungsi untuk mencegah infeksi dan cenderung tak berbahaya.

Masalahnya, ketika earphone dipindah letakkan dari satu telinga ke telinga lain, maka akan muncul kemungkinan terjadinya transfer bakteri dan kuman dari telinga ke telinga. Profesor kesehatan lingkungan asal Universitas Arizona, Kelly Reynolds, PhD mengatakan bahwa penumpukan kotoran telinga pada earphone bisa menjebak bakteri dan mencegahnya mengering. Akibatnya, bakteri bisa bertahan dan bertumbuh sehingga menjadi ancaman untuk telinga.

2 dari 3 halaman

Kemungkinan Infeksi Telinga Meningkat

Dikutip dari halodoc.com, studi dari ORL Head Neck Nursing juga membuktikan bahwa kemungkinan perpindahan bakteri dari satu orang ke orang lain dengan medium earphone sangatlah tinggi. Risiko terjadinya infeksi telinga pun jadi meningkat.

Selain itu, standar kebersihan antar manusia juga berbeda-beda. Kita tidak bisa menggaransi earphone yang kita pinjam dirawat dengan cara yang sama seperti kita memperlakukan earphone milik sendiri. Perbedaan standar kebersihan ini bisa menambah risiko ancaman pada telinga.

Menggunakan earphone yang kotor bisa saja menyebabkan telinga menjadi gatal. Kita juga harus mempertimbangkan aspek kesehatan dari orang yang kita pinjam earphone-nya. Pasalnya, penularan bakteri dan virus penyakit lewat earhone bisa saja terjadi.

3 dari 3 halaman
Beri Komentar