Jangan Pakai Earphone Saat Tidur, Bahayanya Bukan Main!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 3 Februari 2021 17:27
Jangan Pakai Earphone Saat Tidur, Bahayanya Bukan Main!
Siapa nih yang suka gini?

Mendengarkan musik dengan earphone emang enak banget sih. Selain lebih jelas suaranya, musik jadi bisa dinikmati dengan maksimal. Banyak orang yang mendengarkan musik dengan earphone di malam hari sampai ketiduran. Bahkan, memang sengaja berbuat demikian ketika tidur.

Ternyata, melansir dari Hellosehat, pakai earphone saat tidur itu bisa bahaya banget lho!

 

1 dari 4 halaman

Infeksi Telinga

Ilustrasi Wanita Dengar Musik © Diadona

Salah satu hal akibat kamu memakai earphone saat tidur adalah terkenanya infeksi telinga. Memakai earphone saat tidur berarti memakainya dalam waktu yang sangat lama. Ternyata hal tersebut bisa menyebabkan telinga berdengin dan menimbulkan rasa nggak nyaman. Apalagi jika earphone yang sudah digunakan oleh banyak orang. Penyebaran bakteri dari satu telinga ke telinga lain bisa lebih gampang.

 

2 dari 4 halaman

Gangguan Pendengaran

Ilustrasi Wanita Dengar Musik © Diadona

Sebagian besar earphone menghasilkan suara 96 hingga 108dB. Sementara suara yang aman didengar telinga adalah 85dB ke bawah. Kalau mendengarkan suara lebih dari 95dB dalam waktu yang lama, syarat telinga bisa mengalami kerusakan dan berakibat gangguan.

 

3 dari 4 halaman

Tersumbat Aliran Udara

Ilustrasi Wanita Dengar Musik © Diadona

Seiring berjalannya waktu, para pembuat earphone akan berlomba-lomba membuatnya semaksimal mungkin agar nggak ada aliran udara yang masuk sehingga suara yang dihasilkan pun semakin jernih. Namiun ternyata, hal tersebut hanya akan membuat kotoran telinga menumpuk dan mengeras di dalam lho!

 

Beri Komentar