Earphone Dapat Menjadi Sarang Kuman Kalau Tidak Rajin Dibersihkan

Reporter : Yoyok
Kamis, 23 Januari 2020 07:30
Earphone Dapat Menjadi Sarang Kuman Kalau Tidak Rajin Dibersihkan
Kemungkinan sebuah gadget menjadi sarang kuman cukup besar karena selalu di pegang.

Banyak orang menghabiskan waktu luang mereka dengan mendengarkan musik atau sekedar bermain ponsel. Untuk mendengarkan musik, banyak orang menggunakan earphone.

Menurut penelitian, menggunakan earphone dapat meningkatkan jumlah bakteri di telinga sebanyak 700 kali. Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa gadget ini dapat menampung sampai 119.186 bakteri. Jumlah tersebut ternyata lebih banyak dibandingkan yang biasa ditemukan di talenan dapur.

1 dari 2 halaman

Dengan menumpuknya kuman tersebut dapat meningkatkan resiko gangguan pendengaran serta tinitus. Gangguan ini dapat mengakibatkan bunyi dering yang nyaring di telinga. Bakteri dari kotoran telinga juga dapat menyebabkan pembengkakan, iritasi, dan infeksi.

Agar dapat terhindar dari bakteri, usahakan earphone yang kamu punya tidak dipakai atau dipinjamkan kepada orang lain. Hal ini dapat mencegah berpindahnya bakteri dari satu telinga ke telinga lainnya.

2 dari 2 halaman

Dilansir dari Cnet, akan lebih baik jika earphone rutin untuk dibersihkan. Kamu bisa menggunakan cotton bud dengan tambahan alkohol. Bersihkan karet earphone secara perlahan dan rutin seminggu 2 kali.

Jika lubang di earphone kecil, kamu dapat menggunakan tusuk gigi tentunya dengan cairan alkohol juga. Tunggu hingga kering sebelum memakainya, kurang lebih selama 1 menit.

Beri Komentar