Sering Disepelekan, Terlalu Lama Pakai Earphone Picu Infeksi hingga Kerusakan Telinga Lho!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 1 Agustus 2020 08:25
Sering Disepelekan, Terlalu Lama Pakai Earphone Picu Infeksi hingga Kerusakan Telinga Lho!
Yakin masih mau berlama-lama pakai earphone?

Earphone memang memiliki banyak manfaat. Terlebih kini bagi para milenial, earphone sudah seperti teman dekat yang dapat menyelamatkan kita.

Entah itu untuk sekedar mendengar musik, bertelfon atau membantu pendengaran dari handphone ketika kita sedang berada ditempat bising.

Memiliki banyak manfaat, akhirnya tak sedikit dari kita yang terus-terusan menggunakan headset hingga lupa waktu atau tanpa batasan waktu.

Padahal kebiasaan ini jika diteruskan dapat membahayakan kesehatan telinga lho. Dilansir dari berbagai sumber, ini bahaya yang dapat timbul akibat penggunaan earphone secara berlebihan.

1 dari 3 halaman

Kerusakan Telinga Permanen

Ilustrasi TelingaIlustrasi Telinga © audiologyandhearingaids.net

Kerusakan secara permanen ini mungkin terjadi dikarenaka telinga yang sudah tidak kuat lagi menanggung suara keras yang dihasilkan oleh earphone. Paparan suara secara berulang dan terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada telinga bagian dalam.

Karena itu penting untuk mengatur volume agar tidak terlalu kencang dan juga beri telinga istirahat atau jedi saat menggunakan earphone.

2 dari 3 halaman

Infeksi Telinga

Ilustrasi Mendengarkan Musik saat BekerjaIlustrasi Mendengarkan Musik saat Bekerja © shutterstock.com/g/teeramet thanomkiat


Earphone yang selalu menempel ke telinga dapat meningkatkan penyebaran kuman atau bakteri di sekitar telinga.

Earphone sendiri merupakan salah satu benda yang memiliki kandungan kuman tinggi lho. Hal ini karena earphone merupakan benda yang sering terpapar udara, sehonggajika tak diperhatikan kebersihannya, maka dapat menyebabkan infeksi telinga.

3 dari 3 halaman

Kerusakan Otak

Ilustrasi VertigoIlustrasi Vertigo © medicalnewstoday.com


Gelombang elektro magnetik yang dihasilkan earphone dapat menyebabkan bahaya serius untuk otak. Hal ini karena telinga bagian dalam terhubung langsung dengan otak, sehingga infeksi sekecil apapun pada bagian dalam telinga juga akan mempengaruhi otak.

Beri Komentar