Batuk Bisa Menguruskan Badan, Mitos atau Fakta sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 6 Oktober 2020 17:09
Batuk Bisa Menguruskan Badan, Mitos atau Fakta sih?
Menurunkan kalori tubuh dengan batuk, emang iya?

Batuk merupakan gangguan yang kerap dialami anak-anak hingga orang dewasa. Batuk sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, namun bentuk respons tubuh dalam menghadapi adanya infeksi virus dan bakteri pada tubuh.

Batuk umumnya dapat mengganggu aktifitas sehari-hari hingga kualitas tidur. Hal ini disebut dapat membuat tubuh jadi makin kurus, emang iya ya?

1 dari 2 halaman

Batuk Dapat Menguruskan Badan

Ilustrasi BatukIlustrasi Batuk © shutterstock.com

Batuk disebut dapat menguruskan badan karena jika terjadi terus menerus, gerakan pada batuk dapat membakar kalori. Namun menurut Dokter Sung, batuk umumnya tak dapat membuat tubuh makin kurus.

" Batuk tidak akan membuat anda kurus. Karena jika ingin kurus tentu saja kamu harus mengurangi kalori di tubuh." ucapnya.

" Karena batuk sendiri tidak akan membuat kurus karena batuk hanyalah sebuah gejala dari sebuah penyakit." tambahnya.

2 dari 2 halaman

Faktanya..

Ilustrasi BatukIlustrasi Batuk © shutterstock.com

Jika batuk disebut dapat membuat tubuh jadi kurus, hal ini bisa memungkinkan jika batuk yang dialami bukanlah batuk biasa.

Misalnya seperti penyakit TBC (Tuberculosis), salah satu gejalanya adalah dengan adanya batuk terus menerus yang tak kunjung sembuh. Hal ini lah yang memunkinkan memengaruhi berat badan tubuh.

" Penyebab utamanyalah yang penting. Mungkin bagi yang mengidap penyakit TBC. Penyakit ini salah satu gejalanya adalah batuk, penurunan berat badan dan keringat di malam hari" tutupnya.

Nah jadi batuk dapat membuat tubuh jadi kurus sebenarnya hanyalah mitos. Kecuali jika batuk tersebut merupakan gejala dari suatu penyakit, barulah ia dapat mempengaruhi berat badan.

Beri Komentar