Tanpa Diobati Batuk Bisa Sembuh dengan Sendirinya, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 5 Oktober 2020 11:39
Tanpa Diobati Batuk Bisa Sembuh dengan Sendirinya, Mitos atau Fakta?
Ternyata begini lho fakta mengenai penyembuhan batuk..

Bukanlah sebuah penyakit, batuk sebenarnya merupakan bentuk respons tubuh atas adanya iritasi dari debu, asap ataupun adanya infeksi seperti virus dan bakteri. Meski begitu batuk kerap kali mengganggu aktifitas sehari-hari. Hal ini lah yang membuat sebagian orang memilih untuk segera mengonsumsi obat agar segera sembut.

Namun ada juga yang mengatakan jika batuk bisa sembuh dengan sendirinya. Sebenarnya bagaimana ya faktanya?

Dilansir dari channel Youtube SB30 Health, Dokter Sungadi menjelaskan jika sebenarnya batuk memang bisa sembuh dengan sendirinya, namun tergantung juga apa yang menyebabkannya.

Misalnya saja seperti batuk karena tersedak, dalam kondisi normal hal ini tentu tak membutuhkan perawatan lebih lanjut, "Penyebab batuk bermacam-macam, misalnya tersedak. Batuk sesaat, saat makanannya keluar, yasuda selesai." ucap Dr. Sung.

1 dari 2 halaman

Batuk Karena Virus

Ilustrasi Batuk © Diadona

Nah yang sering mengganggu adalah batuk yang disebabkan karena virus atau bakteri. Dr. Sung menjelaskan, jika batuk yang disebabkan karena kedua hal tersebut dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih selama 2 minggu.

" Kalau disebabkan karena inveksi virus, kamu cukup beristirahat 3 hingga 14 hari akan sembuh dengan sendirinya," ucapnya.

Namun tentu saja kita perlu memperhatikan gizi dari makanan yang dikonsumsi selama kurun waktu tersebut. Karena jika tidak, bukannya sembuh batuk justru dapat bertambah parah.

" Tapi dengan catatan kita mengonsumsi makanan yang bergizi dan cukup istirahat. Tapi kalau tubuh diforsir, tentu saja bisa sembuh lebih lama." tambahnya.

Selain memerhatikan makanan yang dikonsumsi, kamu juga dapat melakukan penyembuhan alami lainnya seperti minum air cukup, minum air hangat, mandi air hangat hingga menjauhi penyebab iritasi.

2 dari 2 halaman

Jadi Kalau Batuk Nggak Perlu Minum Obat?

Penyebab Batuk Berdahak © Diadona

Meski batuk dapat sembuh dengan sendirinya. Namun ini bukan berarti penggunaan obat batuk tak diperlukan atau tak direkomendasikan ya. Hal ini karena ada beberapa kondisi batuk yang memang memerlukan obat, terlebih jika sudah sampai mengganggu tidur dan aktifitas sehari-hari.

Selain itu, kamu juga perlu segera memeriksakan ke dokter jika memang batuk disertai gejala penyakit lainnya ya. Stay healthy!

Beri Komentar