Jangan Salah, Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Kanker Payudara!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 2 Oktober 2020 15:27
Jangan Salah, Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Kanker Payudara!
Simak ya!

Salah satu penyakit yang begitu membuat para wanita ngeri adalah kanker payudara. Bahkan penyakit ini nggak hanya menyerang wanita, tapi juga pria lho! Kita sering merasa bodo amat dan merasa sehat-sehat, padahal bisa jadi hal yang kita lakukan tanpa sadar bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Nah melansir dari Liputan6.com, jangan biasain melakukan kebiasaan buruk ini demi terhindar kankder payudara!

1 dari 6 halaman

Merokok

Ilustrasi Cewek Merokok © Diadona

Sudah banyak yang membahas bahwa merokok menyebabkan sejumlah penyakit, terutama yang berhubungan dengan masalah pernapasan. Namun ternyata wanita premenopause yang lebih muda mempunyai angka tinggi risiko terkena kanker payudara jika merokok.

Untuk penyembuhan pun bisa-bisa meningkatkan komplikasi. Termasuk kerusakan paru-paru karena terapi radiasi, sulitnya untuk sembuh setelah operasi, rekonstruksi payudara, dan pembekuan darah lebih tinggi saat meminum obat terapi hormon.

2 dari 6 halaman

Kurang Olahraga

Yang malas-malasan, apalagi jarang banget buat olahraga, udah saatnya nih mulai untuk rajin olahraga. Sebab penelitian menunjukan hubungan olahraga bisa mengurangki risiko kanker payudara lebih rendah. Hal ini dikarenakan orang yang berolahraga tertaru punya sedikit kelebihan lemak dan mempertahankan berat badan

 

3 dari 6 halaman

Sering Kena Cahaya Malam

ilustrasi seorang wanita bermain ponsel © Diadona

Ternyata sering terpapar cahaya malam bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Menurut beberapa penelitian wanita yang bekerja di malam hari, sebut saja wanita pabrik perawat, bahkan petugas kepolisian, punya risiko kanker payudara lebih tinggi dibanding mereka yagn kerja di malam hari.

Hal ini dikarenakan cahaya eksternal yang tinggi di malam hari, seperti lampu jalan. Para peneliti berpikir karena adanya kadar melatonin yang rendah jika bekerja di malam hari.

 

4 dari 6 halaman

Kurang Vitamin D

Vitamin D sangatlah penting untuk tubuh. Ia membantu menyerap kalsium demi kesehatan tulang. Selain itu juga membantu sistem imun, saraf, dan otot agar bekerja dengan baik.

Kalau vitamin D kurang, penelitian menunjukan punya risiko terkena kanker payudara. Sebab, vitamin D berperan penting untuk mengendalikan pertumbuhan sel payudara tetap normal.

5 dari 6 halaman

Pemakai Barang Plastik

Ilustrasi Sampah Plastik © Diadona

Ternyata kita harus lebih waspada terhadap barang-barang plastik yang seharusnya digunakan untuk sekali pakai. Sebab, semua barang tersebut terbuat dari bahan kimia. Jika tergores atau terkena panas, bahan kimia bisa larut.

Sedangkan pada tingkat paparan tertentu, menurut penelitian, beberapa bahan kimia pada plastik seperti bisphenol A (BPA), bisa menyebabkan kanker.

 

Beri Komentar