Bahaya Penyakit Wasir, Obat, Ciri-Ciri dan Penyebabnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 28 April 2020 16:48
Bahaya Penyakit Wasir, Obat, Ciri-Ciri dan Penyebabnya
Penyakit wasir atau ambeien memang bukan penyakit yang bahaya banget. Tapi gejala bikin nggak nyaman dan juga rasa sakit.

Penyakit wasir muncul karena adanya pembengkakan pembuluh darah di anus. dikutip dari UCSF Health, sebenarnya keberadaan wasir ini normal kok. Fungsinya yaitu untuk melindungi kulit anus dari kotoran.

Nah, ini berubah menjadi masalah dan disebut dengan penyakit wasir, saat mengalami pembengkakan, berdarah, atau menonjol keluar dari dubur. Berdasarkan lokasinya, penyakit wasir bisa dibedakan menjadi penyakit wasir internal dan eksternal.

Untuk tahu lebih jauh, simak terus artikel Diadona berikut, yuk!

1 dari 4 halaman

Bahaya Penyakit Wasir

Penyakit Wasir © Diadona

Apakah penyakit wasir bisa berbahaya? Selain rasanya yang sakit banget, sebenarnya penyakit ini baru menimbulkan bahaya kalau sudah masuk dalam tahap kronis dan komplikasi. Sisanya, wasir termasuk penyakit ringan dan umum.

Anemia

Dalam beberapa kasus, meski jarang banget terjadi, penyakit wasir bisa dikaitkan dengan anemia akibat kehilangan darah yang signifikan.

Rasa Sakit yang Hebat

Terjadinya wasir strangulasi, di mana aliran darah ke wasir internal terputus, yang dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat.

2 dari 4 halaman

Obat Penyakit Wasir

Penyakit Wasir © Diadona

Keberadaan wasir yang membengkak dan mengganggu pasti buru-burupengen dihilangkan. Ada beragam cara nih, mulai dari medis hingga perawatan rumahan.

Mandi Air Hangat dengan Garam Epsom

Cara ini disebut lumayan ampuh untuk membantu meredakan iritasi pada penyakit wasir, bahkan sudah teruji oleh Harvard Health. Caranya, tambahkan garam epsom ke dalam larutan air hangat, lalu gunakan untuk mandi selama kurang lebih 20 menit.

Kompres Air Dingin

Melakukan kompres air dingin pada daerah yang terkena penyakit wasir, disebut bisa meredakan pembengkakan yang terjadi. Caranya, bungkus es di dalam kain atau handuk, lalu oleskan ke wasir yang membengkak. Perlu diingat untuk nggak megoleskan sesuatu yang dingin langsung ke kulit, yah!

Lidah Buaya

Tanaman ini cocok untuk mengobati penyakit wasir luar. Kemungkinan nih, manfaatnya didapat dari sifat anti-inflamasi, yang disebut bisa membantu mengurangi iritasi. Dan tahu nggak sih kalau sebenarnya potensi lidah buaya sebagai pereda sakit wasir ini, sudah dikenal dalam sejarah.

Meski begitu, belum ada studi ilmiah mengenai keampuhan lidah buaya pada penyakit wasir.

Salep Wasir yang Dijual Bebas

Banyak salep untuk penyakit wasir yang dijual bebas dan dapat ditemukan di hampir setiap toko obat. Salep ini bisa mengurangi pembengkakan dan membantu wasir jadi sembuh lebih cepat.

Suplemen Serat

Dengan makan banyak serat, maka tinja jadi lebih lunak terus gerakan usus jadi lebih cepat sehingga penyakit wasir jadi nggak terlalu nyeri lagi.

Kalau penyakit wasir yang diderita ternyata nggak bisa hilang dengan pengobatan rumahan, mungkin tindakan medis bisa menjadi pertimbangan. Apa saja pilihannya?

Ligasi gelang karet, yang merupakan prosedur nonsurgical paling umum untuk menghilangkan ambeien

Skleroterapi, di mana dokter bakalan menyuntikkan obat kimia ke wasir untuk mengecilkannya.

Pembedahan, yang cuman menjaid pilihan akhir setelah metode lain nggak bisa terbukti.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Penyakit Wasir

Penyakit Wasir © Diadona

Dikutip dari Web MD, gejala penyakit wasir nggak selalu muncul. Jadi, bisa banget lho seseorang nggak tau kalau dia sedang menderita penyakit ini.

Gejala paling umum pada penyakit wasir yang bakalan dirasakan penderitanya, yaitu:

Rasa Nggak Nyaman di sekitar Anus

Ketidaknyamanan tersebut bisa berupa gatal, atau sakit yang muncul di sekitar anus. Ini berlaku untuk semua jenis wasir, yaitu wasir dalam maupun wasir luar.

Berdarah saat Buang Air Besar

Gejala penyakit wasir ini biasanya muncul setelah penderita buang air besar. Bisa terlihat dari jejak atau garis-garis darah saat sedang membersihkan diri, meski juga mungkin terlihat di toilet, atau di tinja itu sendiri.

Pembengkakan di sekitar Anus

Penampakan gejala penyakit wasir ini bisa berupa tonjolan merah muda di sekita tapi anus, atau menojol keluar dari anus. Warnanya bisa berupa ungu atau biru juga.

4 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Wasir

Penyakit Wasir © Diadona

Penyakit wsair muncul karena pembengkakan pada pembuluh darah di bagian anus. Apa yang menyebabkan pembuluh darah tersebut jadi begitu?

Hamil

Ini terjadi karena ketika rahim membesar, maka akan menekan pembuluh darah di usus besar.

Umur

Penyakit wasir kebanyakan menimpa mereka yang berusia 45 sampai 65 tahun. Meski begitu, bukan berarti mereka yang berumur lebih muda, nggak bisa kena juga.

Sembelit Kronis

Mengapa ini bisa menjadi penyebab penyakit wasir? Karena saat mengejan, maka ada tekanan tambahan pada dinding pembuluh darah.

Duduk Terlalu Lama

Posisi duduk terlalu lama bisa menyebabkan penyakit wasir. Ini juga bisa terjadi saat terlalu lama duduk di toilet.

Obesitas

Pola makan terkat dnegan obesitas bisa menyebabkan terjadinya penyakit wasir

Genetika

Dan ya, penyakit wasir bisa aja muncul secara diwariskan. Seseorang bisa berpeluang karena orang tua juga punya penyakit ini.

Penyakit wasir yang sudah Diadona informasikan di atas tersebut bisa dijadikan untuk panduan awal yah, tapi untuk pengobatan dan diagnosa tetap harus diserahkan kepada dokter. Semoga cepat sembuh!

Beri Komentar