10 Cara Mengobati Ambeien Luar secara Alami tanpa Operasi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 13 Februari 2020 17:11
10 Cara Mengobati Ambeien Luar secara Alami tanpa Operasi
Ambeien bikin kegiatan sederhana seperti duduk atau berjalan jadi hal yang mengerikan.

Ambeien atau yang juga sering disebut dengan wasir, sering terjadi akibat adanya peningkatan tekanan saat kehamilan, kelebihan berat badan, atau mengejan saat buang air besar. Hampir setengah dari orang-orang berusia lebih dari 50 tahun mengalami salahs atu dari gejala ambeien, yang meliputi nyeri dubur, gatal, perdarahan, dan kemungkinan prolaps (wasir yang menonjol melalui saluran anus).

Ambeien memang jarang berbahaya, namun bisa berulang dan menyakitkan. Untungnya, ada banyak cara mengobati ambeien yang bisa kamu lakukan.

Jadi, apa sih ambeien itu? Ambeien merupakan pembengkakan pembuluh darah yang terletak tepat di bawah selaput lendir yang melapisi bagian paling bawah dari dubur dan anus.

Ada dua jenis ambeien, yakni ambeien internal dan ekternal yang merujuk pada tempat bertumbuhnya ambeien tersebut.

1 dari 4 halaman

Cara Mengobati Ambeien secara Alami

Ilustrasi Garam Laut Mati © Diadona

Prosedur medis memang nggak selalu jadi pilihan utama bagi banyak orang, terlebih saat ada cara mengobati ambeien secara alami.

Mandi Air Hangat dengan Garam Epsom

Mandi air hangat dapat membantu meredakan iritasi dan sebagai cara mengobati ambeien. Coba gunakan bak mandi kecil yang pas di atas kursi toilet, atau bisa juga dengan mandi seluruhnya.

Menurut Harvard Health, mandi air hangat selama 20 menit setelah setiap buang air besar akan paling efektif sebagai cara mengobati ambeien. Menambahkan garam Epsom ke dalam bak mandi dapat memberikan bantuan lebih lanjut untuk mengurangi rasa sakit.

Suplemen Serat

Suplemen serat seperti psyllium, dapat membantu mengurangi sembelit, membuat tinja menjadi lebih lembut, dan membuatnya lebih mudah untuk memiliki gerakan usus yang cepat dan tidak nyeri. Yang pada akhirnya, pelunak tinja ini bisa sebagai cara mengobati ambeien.

Seseorang yang menderita ambeien pasti akan merasakan gejala berikut:

  • Panas dan gatal pada anus atau dubur
  • Adanya benjolan di anus
  • Kesulitan buang air besar
  • Kesakitan ketika buang air besar
  • Keluarnya lendir ketika buang air besar
  • Terkadang terjadi pendarahan ketika buang air besar

Witch Hazel

Tanaman ini memang nggak terkenal di Indonesia, padahal manfaatnya banyak banget nggak cuman untuk cara mengobati ambeien tapi juag untuk kulit.

Dalam cara mengobati ambeien, witch hazel dapat mengurangi gatal dan sakit yang merupakan dua gejala utama wasir. Tanaman ini juga anti-inflamasi alami, sehingga bisa mengurangi pembengkakan.

Witch hazel dapat dibeli dalam bentuk cair, dan untuk cara mengobati ambeien, bisa dioleskan langsung ke wasir.

Selain suplemen serat sebagai cara mengobati ambeien, pastikan juga untuk makan banyak serat. Bersamaan dengan cairan yang cukup, serat melunakkan feses dan membuatnya lebih mudah untuk lewat, mengurangi tekanan pada ambeien.

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Ambeien Luar

Ilustrasi Lidah Buaya, dan Minyak Almond © Diadona

Ambeien luar merupakan pembengakakan pembuluh darah yang berkembang di bawah kulit di sekitar anus. Ambeien ini bikin penderitanya nggak nyaman banget karena kulit di atasnya menjadi teriritasi dan terkikis. 

Lidah Buaya

Potensi lidah buaya sebagai cara mengobati ambeien telah dikenal dalam sejarah. Diperkirakan, ini karena lidah buaya punya sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi iritasi.

Memang belum ada studi ilmiah mengenai lidah buaya sebagai cara mengobati ambeien, tapi nggak ada salahnya mencoba, bukan? Sayangnya, beberapa orang punya alergi terhadap lidah buaya, terutama mereka yang alergi terhadap bawang putih atau bawang.

Periksa reaksi alergi dengan menggosokkan uang receh ke lengan kamu. Tunggu 24 hingga 48 jam. Kalau nggak ada reaksi, maka lidah buaya sebagai cara megobati ambeien aman untuk digunakan.

Yang perlu diingat kalau lidah buaya ini sebagai cara mengobati ambeien dengan mengoleskannya atau sebagai obat luar. Jangan sekali-kali memasukkannya ke dalam lubang anus.

Salep Ambeien yang Dijual Bebas

Banyak salep ambeien yang dijual bebas dan dapat ditemukan di hampir setiap toko obat. Salep ini bisa mengurangi pembengkakakn dan dan membantu ambeien sembuh lebih cepat.

Kalau kamu menggunakan krim hidrokortison sebagai cara mengobati ambeien, jangan menggunakannya selama lebih dari satu minggu setiap kali.

Kompres Air Dingin

Oleskan kompres air es atau air dingin ke anus sebagai cara mengobati ambeien dengan meredakan pembengkakan yang terjadi. Lakukan selama 1 menit. Untuk wasir besar dan menyakitkan, cara mengobati ini terbukti sangat efektif.

Caranya, bungkus es di dalam kain atau handuk kertas, dan jangan pernah mengoleskan sesuatu yang beku langsung ke kulit.

Prosedur Medis

Kalau gejalanya nggak membaik setelah beberapa minggu, kamu mungkin harus segera melakukan prosedur untuk mengecilkan atau menghilangkan ambeien sebagai cara mengobati ambeien tersebut.

3 dari 4 halaman

Cara Mengobati Ambeien Tanpa Operasi

Ilustrasi operasi © Diadona

Tapi bisa nggak cara mengobati ambeien dilakukan tanpa melakukan tindakan operasi? Bisa saja, yakni dengan cara mengobati ambeien seperti di atas. Tapi kalau kondisinya sudah sangat parah, makan diperlukan tindakan medis.
Prosedur-prosedur ini dapat meliputi:

Ligasi gelang karet, yang merupakan prosedur nonsurgical paling umum untuk menghilangkan ambeien. Dalam cara mengobati ambeien ini, dokter akan menempatkan pita kecil dan kencang di sekitar ambeien untuk memotong sirkulasi ke jaringan dan membiarkannya lepas.

Skleroterapi, merupakan cara mengobati ambeien di mana dokter menyuntikkan obat kimia ke dalam wasir untuk mengecilkannya. Dokter juga dapat menggunakan panas, cahaya, atau suhu beku untuk mencapai ambeien.

Pengangkatan dengan pembedahan, yang hanya disarankan oleh dokter jika wasir tidak merespons berbagai metode cara mengobati ambeien. Pembedahan biasanya berhasil dan mencegah wasir kembali.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Ambeien Luar tanpa Operasi

Ilustrasi Buang Air Besar © Diadona

Meski bukan cara mengobati ambeien, tapi ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk membaantu meminimalkan gejalanya. Apa saja?

  • Menggunakan bangku kecil untuk menopang kaki sambil buang air besar. Ini akan mengubah posisi saluran anus, yang mungkin memudahkan buang air besar.
  • Hindari menunda buang air besar saat dibutuhkan.
  • Mandi teratur.
  • Bersihkan anus dengan lembut setelah setiap buang air besar atau menggunakan tisu toilet yang lembab atau air dari bidet.
  • Mandi hangat untuk meringankan gejala.
  • Duduk di kompres es untuk mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman.
  • Berolahraga secara teratur membantu merangsang gerakan usus.

Beri Komentar